2 Nasehat Seorang Bankir Untuk Lolos Wawancara Kerja

Lolos WawancaraAnda adalah seorang pencari kerja? Perlu Anda ketahui bahwa dalam proses penerimaan kerja ada beberapa tes yang akan Anda lewati. Salah satunya adalah tes wawacara.

Tes yang satu ini dianggap sebagian orang mudah, dan sebagian lainnya mengatakan susah. Sulit atau mudahnya wawancara kerja yang akan Anda lalui itu semua bergantung pada persiapan dan kiat-kiat Anda dalam menghadapinya.

Berikut ini adalah beberapa kiat sukses seorang bankir untuk Anda yang akan menghadapi wawancara kerja :

 1. Lakukan persiapan maksimal

Agar persiapan Anda maksimal, maka Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan tanggal dan waktu wawancara,
  2. Survei ke lokasi wawancara sehari sebelumnya jika tempatnya asing bagi Anda,
  3. Ketahui jenis pakaian yang harus digunakan,
  4. Siapkan jawaban pertanyaan yang mungkin ditanyakan,
  5. Datang ke lokasi wawancara lebih awal dari jam yang ditetapkan.

Semakin maksimal persiapan Anda, maka Anda akan semakin percaya diri untuk menghadapi tes wawancara. Tanpa persiapan Anda akan merasa gugup, gelisah dan terbata-bata dalam menjawab pertanyaan.

2. Jaga sikap

Saat wawancara dimulai atau tengah berlangsung, Anda harus menjaga sikap Anda agar Anda terlihat sopan dan menarik. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan saat wawancara.

  1. Awali dan akhiri dengan salam dan senyum,
  2. Duduklah dengan posisi tegap,
  3. Jawablah pertanyaan dengan jujur dan meyakinkan,
  4. Jangan terlalu banyak bergerak karena Anda akan terlihat gelisah,
  5. Selalu sopan dan ramah.

Menjaga sikap akan menimbulkan kesan yang baik bagi Anda. Pewawancara akan tertarik dengan cara bersikap dan tutur kata Anda yang sopan. Selanjutnya tinggal bagaimana kemampuan Anda untuk berkomunikasi sehingga bisa memberikan jawaban yang terbaik.

Demikianlah kiat-kiat sukses yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi wawancara kerja. Dengan menerapkan kiat-kiat ini yakinlah Anda mampu untuk lulus dalam tes wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mau berusaha untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan menjaga sikap Anda agar dapat diperhitungkan dan layak diterima.

BACA JUGA :