3 Bahasa Tubuh Macam Ini Bisa Menjegal Wawancara Kerjamu!

Hati-hati dengan bahasa tubuh Anda saat menjalani wawancara atau interview kerja. Bahasa tubuh terdengar memang sebagai hal yang sederhana dan lumrah yang biasanya menyelingi percakapan, namun makna atau kesan yang ditimbulkan bisa jadi lebih dalam dari yang tidak diperkirakan.

Menjegal WawancaraUntuk itu, ketahui dulu bahasa tubuh seperti apa saja yang dapat ‘mengganggu’ hasil wawancara Anda dan dapat berkesan negatif berikut ini:

1. Kontak mata
Kontak mata penting saat kita melakukan percakapan dengan orang lain terlebih saat wawancara. Adanya kontak mata menunjukkan penghargaan terhadap lawan bicara.

Akan tetapi, dalam kesempatan wawancara kerja nampaknya Anda harus sedikti berhati-hati mengatur kontak mata. Salah-salah, bisa jadi menimbulkan penilaian negatif yang membuat kegagalan wawancara.

Salah satunya, hindari menatap terlalu dalam dan tatapan yang terkesan menatang kepada pewawancara. Ini akan membuat Anda nampak sebagai pribadi yang agresif dan suka menantang serta hindari pula gerakan memutar bola mata yang bisa memberikan eksan sombong.

Baiknya, adakan kontak mata sewajarnya saja namun tetap menunjukkan rasa percaya diri Anda.

2. Posisi duduk dan jabat tangan
Baik posisi duduk maupun sikap saat jabat tangan merupakan bahasa tubuh yang dapat mendatangkan kesan dan makna yang berbeda-beda.

Usahakan, saat wawancara kerja jangan duduk terlalu membungkuk untuk menepis kesan kerendahdirian. Untuk itu, posisikan diri Anda pada keadaan yang nyaman duduk tegak dengan penuh kesopanan dan kepercayaan diri.

Selain duduk, dalam berjabat tangan pun hendaknya perlu sedikit diperhatikan. Jabat tangan yang terlalu keras atau kuat bukanlah hal yang bagus saat wawancara kerja karena bisa jadi diartikan sebagai bentuk kepercaan diri yang berlebihan meskipun itu tak sengaja Anda lakukan karena efek grogi.

3. Melirik jam dan mengetuki meja
Sebisa mungkin, Anda harus menghindari dua hal ini untuk menghindarkan kesan-kesan negatif tentang pribadi Anda. Meliriki jam saat wawancara kerja berlangsung bisa menimbulkan anggapan kebosanan terhadap lawan bicara atau Anda sedang terburu-buru dan tidak fokus pada lawan bicara.

Demikian halnya dengan mengetuki meja, menunjukkan bahwa Anda tidak sabar, terburu-buru, atau bahkan dinilai sombong. Untuk itu, gunakanlah bahasa tubuh yang sopan dan tidak berlebihan.

BACA JUGA :