3 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Saat Menunggu Panggilan Kerja

Biasanya, pewawancara akan menyuruh Anda untuk menunggu panggilan atau pemberitahuan kembali dalam jangka waktu tertentu setelah wawancara. Namun, seringkali kita melewatkan banyak hari bahkan minggu untuk menunggu panggilan tersebut sementara yang ditunggu tak jua datang membawa kabar yang membahagikan.

Panggilan KerjaSituasi ini tak jarang akan membuat kita bingung, resah, dan juga tanpa kepastian. Untuk mengisi kekosongan waktu selagi menunggu ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

1. Sambil menunggu, cari yang baru
Selama proses menunggu ini, bukan menutup kesempatan dan peluang untuk mencari pekerjaan yang baru, maksimal dua minggu setelah Anda melakukan wawancara kerja. Jangan hentikan usaha Anda hanya untuk menunggu sesuatu yang kepastiannya belum dapat diketahui.

Teruslah memasukkan lamaran hingga mendapatkan panggilan dan mendapatkan kepastian terkait waktu kerja, gaji, dan lain sebagainya. Namun demikian, meskipun telah berusaha mencari peluang yang baru, Anda boleh tetap menaruh harapan pada penantian Anda terdahulu, barangkali, perusahaan memang membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk segera memutuskan kandidat yang akan diterima.

2. Mencari tahu
Bertanya tentang kejelasan atas nasib Anda tidak ada salahnya untuk dilakukan. Namun demikian, hindari memborbardir pertanyaan kepada orang yang Anda tanyai tersebut.

Cukup tanyakan kejelasan diterima atau tidak agar Anda tidak terlalu lama digantung rasa penasaran. Untuk hal ini, Anda harus memilih orang yang tepat untuk ditanyai misalnya orang-orang yang langsung bertanggung jawab terhadap perekrutan Anda di perusahaan tersebut misalnya HRD atau manajer yang menangani perekrutan pegawai baru.

3. Pilih media yang sama
Untuk menghubungi dan mencari tahu tentang kejelasan lamaran Anda, sebaiknya menggunakan media yang sama untuk mengubunginya.

Jika pada lamaran awal Anda menggunakan media surat elektronik untuk mengirim CV dan surat lamaran dan direspon melalui media yang sama, maka gunakanlah media tersebut untuk menghubungi kembali guna menanyakan kelanjutan dari proses menunggu tersebut. Semakin cepat Anda mendapatkan kejelasan makan akan semakin baik untuk Anda segera menentukan mencari pekerjaan yang baru lainnya.

Nah, 3 hal diatas itu bisa dijadikan rujukan saat Anda telah melewati proses seleksi wawancara kerja di perusahaan yang Anda pilih. Tidak ada istilah gagal, karena pada dasarnya semuanya akan mendatangkan kebaikan buat Anda.

Yang merasa gagal, bisa jadi persiapan menghadapi wawancara kerjanya yang kurang, atau bisa jadi kita sudah bagus hanya perusahaan yang membatasi jumlah penerimaan. Jangan putus asa untuk terus berusaha sampai kita diterima kerja di perusahaan impian kita. AMIN!

BACA JUGA :