3 Kode Ini Sering Diabaikan Saat Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja sering dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi pelamar kerja. Padahal, wawancara kerja bukanlah hal yang sulit untuk dijalani karena wawancara kerja lebih terfokus pada kemampuan berkomunikasi.

Wawancara KerjaMemang, bagi orang-orang yang selama ini kurang aktif dan jarang berkomunikasi secara formal, tahapan wawancara akan terasa sangat sulit. Untuk menghadapi kesulitan itu, perlu adanya kesiapan dari pelamar kerja agar bisa tampil maksimal.

Berikut ini adalah 3 kode yang harus Anda persiapkan sebelum mengahadapi wawancara kerja:

  1. Kenali diri Anda

Penting bagi Anda untuk mengenali diri Anda sendiri, baik dari kelebihan yang Anda miliki, potensi-potensi dalam diri Anda, dan juga kelemahan yang Anda miliki.

Jangan sampai ketika pewawancara bertanya tentang kelebihan yang Anda miliki, Anda malah kebingungan untuk menjawabnya.

Persiapkan terlebih dahulu sebelum wawancara. Sebaiknya Anda tuliskan kelebihan-kelebihan yang Anda miliki, berikut juga dengan kelemahan Anda, lalu pilih kombinasi kata yang baik untuk menujukkan kelebihan atau kelemahan itu.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu merumuskan rencana-rencana Anda kedepan karena adakalanya pewawancara bertanya tentang rencana jangka panjang atau jangka pendek Anda, dan tentang bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri di masa depan.

2. Pelajari tentang bahasa non verbal

Tidak hanya bahasa verbal, tetapi Anda juga harus mengenal bahasa non verbal dan mempelajarinya. Misalnya, perhatikan bagaimana cara duduk Anda, bahasa tubuh Anda, gerak mata dan gerak tangan Anda.

Beberapa orang ada yang terlalu banyak memainkan tangan ketika berbicara, ada juga yang duduknya gelisah, dan sebagainya. Anda harus memperhatikan hal-hal seperti ini. Duduklah dengan posisi tegap, tetap tenang, dan tatap pewawancara dengan percaya diri.

3. Persiapkan data-data yang berhubungan dengan wawancara

Data-data yang perlu Anda persiapkan adalah tentang data diri Anda, kemudian juga tentang perusahaan dan jabatan yang Anda lamar.

Anda bisa saja ditanya tentang apa saja yang Anda ketahui tentang perusahaan yang Anda lamar, kemudian apa saja tugas dan tanggung jawab posisi yang Anda pilih.

Dengan mempersiapkannya dengan baik, diharapkan Anda mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar, lancar, dan kumunikatif.

BACA JUGA :