3 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

Ada begitu banyak pertanyaan yang bisa muncul saat wawancara penerimaan kerja. Pertanyaan-pertanyaan itu biasanya berhubungan dengan kondisi pribadi, pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar, gaji yang diinginkan, dan sebagainya.

Pertanyaan tersebut tentu harus Anda jawab dengan lancar karena melalui wawancara Anda berkesempatan untuk menunjukkan kemampuan komunikasi Anda.

Wawancara KerjaPewawancara akan melihat sejauh apa pengetahuan yang Anda miliki, cara Anda berbicara, dan kebijaksanaan Anda dalam menjawab pertanyaan.

Berikut ini adalah 3 pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja:

 1. Apa kelebihan dan kelemahan Anda?

Ini adalah pertanyaan wawancara yang sering muncul. Pewawancara ingin tahu sejauh mana Anda mengetahui tentang diri Anda sendiri. Tidak ada jawaban yang benar dan yang salah untuk pertanyaan ini, tetapi cara Anda mengungkapkan kelebihan dan kekurangan Anda akan sangat menunjukkan siapa Anda.

Jawablah pertanyaan itu dengan jujur, serta ungkapkan pengaruhnya bagi pekerjaan Anda. Dalam menjawab kelemahan yang dimiliki, Anda harus menyertai dengan usaha apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

2. Apa arti kesuksesan dan kegagalan bagi Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sangat diutamakan kemampuan Anda dalam mengolah kata-kata. Cara berpikir Anda akan terlihat dari jawaban yang Anda sampaikan.

Sebaiknya sampaikan jawaban yang masih berhubungan dengan kualitas pekerjaan Anda. Misalnya arti kesuksesan bagi Anda adalah saat Anda dapat menyelesaikan tugas yang diamanahkan kepada Anda dengan baik dan tepat waktu, dan arti kegagalan bagi Anda misalnya adalah saat Anda melakukan kesalahan dan tidak belajar dari kesalahan itu.

Jawaban untuk pertanyaan ini tentu saja sangat bervariasi, tetapi jawablah dengan jawaban yang dapat menjukkan kualitas kerja Anda.

3. Apakah Anda bisa bekerja di bawah tekanan?

Jawaban untuk pertanyaan ini sudah jelas. Sebuah perusahaan pasti lebih tertarik pada orang-orang yang mampu berkerja sesuai target. Beberapa pekerjaan memang menuntut seseorang untuk bisa mencapai target, sehingga harus bekerja di bawah tekanan.

Yakinkan pada mereka bahwa Anda bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan karena dapat membantu Anda bekerja lebih efektif dan teratur. Sampaikan bahwa Anda bisa mengatur waktu dengan baik sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline.

BACA JUGA :