3 Tanda Anda Sukses Lolos Wawancara Dan Diterima Kerja

Setelah melewati tahapan wawancara kerja di sebuah perusahaan, tentunya Anda akan dihadapkan pada fase menunggu dan harap-harap cemas menunggu panggilan kembali dari pihak yang telah mengundang wawancara.

Lolos WawancaraPada masa ini, biasanya Anda akan mengingat-ingat kembali dan melakukan sedikit review kecil tentang wawancara kerja yang telah Anda jalani, mengingat kembali jawaban yang Anda berikan, reaksi pewawancara dan akhirnya muncul harapan serta kecemasan tersendiri.

Agar Anda tidak sibuk menerka-nerka dengan diliputi kecemasan, berikut ini adalah tanda-tanda wawancara Anda berjalan lancar dan berpeluang diterima kerja.

1. Dipanggil untuk yang kedua kali

Umumnya, setelah melewati sesi wawancara akan dilakukan sebanyak dua kali. Jika pada tahap pertama Anda telah berhasil memberikan kesan positif, maka besar peluang untuk dapat dipanggil kembali untuk yang kedua kalinya.

Jika Anda mendapatkan panggilan kembali, ini berarti sebuah tanda yang sangat positif sebab kemungkinan besar peluang Anda untuk diterima dalam pekerjaan itu sudah di depan mata. Untuk itu, pastikan dalam wawancara yang kedua ini Anda mempersiapkannya lebih maksimal lagi.

2. Dipertemukan tim kerja

Apabila Anda mendapatkan kesempatan untuk dipertemukan dengan tim kerja, sudah dapat dipastikan Anda akan diterima dalam perusahaan tersebut.

Ingat loh,  sebuah perusahaan biasanya akan sangat protektif terhadap tim kerjanya dan tidak akan sembarangan memperkenalkannya terhadap orang yang tidak berkepentingan jika dia bukan termasuk kandidat. Untuk itu, jika Anda sudah pada tahap ini, berarti Anda merupakan kandidat yang akan menjadi bagian dari mereka.

3. Ditanya gaji dan kapan bisa mulai kerja

Jika pewawancara sudah mulai menanyakan perihal gaji dan kesediaan waktu untuk mulai kerja, ini sudah serius Anda diterima. Dalam menjawab masalah gaji yang ditanyakan, Anda harus sedikit cermat dan hati-hati.

Btw, ini bisa jadi pertanyaan ini menjurus pada dua hal yaitu pewawancara ingin mengetahui kompensasi Anda terhadap diri Anda sendiri dan bisa juga ingin melihat berapa jumlah gaji Anda saat ini. Untuk menyikap hal ini, sebaiknya terlebih dahulu Anda mencari tahu referensi gaji yang umum di pasaran untuk pekerjaan tersebut.

BACA JUGA :