4 Alasan Mengapa Nasib Anda Tidak Jelas Usai Wawancara Kerja? BACA BAIK-BAIK

Kekecewaan seringkali dirasakan ketika sudah merasa dapat melalui wawancara kerja dengan baik dan lancar tetapi tak kunjung mendapat panggilan lanjutan.

Usai Wawancara KerjaMenyikapi hal ini, Anda jangan langsung berpikiran negatif dan putus asa. Beberapa kemungkinan lain bisa saja terjadi di luar kesadaran atau pengetahuan Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin terjadi saat Anda tak kunjung dipanggil untuk wawancara lanjutan:

  1. Kontak yang diberikan salah

Kemungkinan ini bisa saja terjadi. Cobalah periksa kembali kontak atau nomor telepon yang Anda cantumkan pada file CV yang telah Anda kirimkan, siapa tahu terjadi kesalahan penulisan atau lupa mencantumkan nomor sehingga perusahaan tidak dapat menghubungi Anda.

Kemungkinan lain, Anda tidak melakukan follow up usai wawancara kerja. Terkadang, ada perusahaan yang enggan memulai duluan sehingga Anda harus memiliki inisiatif sendiri untuk bertanya. Cobalah dengan mengirim email ucapan terima kasih serta antusiasme atau harapan Anda terhadap posisi pekerjaan tersebut.

  1. Gaji yang diinginkan terlalu tinggi

Umumnya, pada saat wawancara kerja Anda akan ditanyai mengenai gaji yang diminta. Jawaban yang Anda berikan tersebut juga turut menentukan diterima atau tidaknya Anda.

Besar kemungkinan ketika Anda sudah dapat melalui tahap wawancara kerja dengan baik tetapi tak kunjung mendapat panggilan adalah karena gaji yang Anda minta terlalu tinggi atau besar diluar target perusahaan.

  1. Butuh waktu

Bisa jadi, lamanya proses menunggu tersebut karena perusahaan sedang membutuhkan waktu untuk mewawancarai atau melakukan seleksi serupa terhadap kandidat lain. Atau, sedang terjadi kebijakan yang baru di perusahaan yang membuat proses perekrutan terhambat.

Semua itu tentunya di luar pengetahuan Anda. Untuk itu, yang bisa Anda lakukan adalah bersabar menunggu hingga batas normal yang umumnya dilakukan, rata-rata proses pengumuman diterima atau tidaknya seseorang ketika melamar kerja itu sekitar 2 minggu hingga satu bulan.

  1. Posisi sudah ditempati

Ini adalah kemungkinan terburuk yang akan membuat Anda kecewa. Jika Anda sudah terlalu lama menunggu dan tak juga dipanggil lagi, maka besar kemungkinan posisi yang Anda inginkan tersebut sudah ditempati oleh orang lain. Meskipun demikian, Anda jangan lantas berputus asa dan menyerah.

Teruslah berusaha untuk mencari lowongan pekerjaan yang lain hingga Anda mendapatkan panggilan kerja.

BACA JUGA :