6 Persiapan Wawancara Kerja

6 Tips Melakukan Persiapan Wawancara Kerja

Wawancara kerja yanWawancara Kerja Yang Baikg baik merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang dalam menjajaki peluang/lowongan kerja agar dapat diterima.

Dengan mencermati beberapa hal pokok yang biasanya krusial diperhatikan dalam wawancara kerja, maka kemungkinan untuk dapat diterima dalam suatu perusahaan akan dapat terealisasi.

Terkadang orang memang merasa bahwa harus mengikuti prosedur wawancara kerja yang baik adalah yang berat, namun sebenarnya tidak asal tahu caranya untuk menjalani wawancara kerja yang baik dan perlu dilakukan pasti semuanya lancar.

Tips Praktis Wawancara Kerja Yang Baik

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjalani wawancara kerja yang baik adalah;

1. Pelajari CV yang telah anda kirimkan.

Karena mau tidak mau pertanyaan seputar CV akan diajukan. Ya, untuk mendapatkan suatu wawancara kerja yang baik, peserta harus mengetahui dengan pasti apa yang dituliskannya dalam Curriculum Vittae-nya.

Karena apabila nanti pada saat wawancara ditemukan adanya perbedaan antara CV dengan jawaban yang anda diberikan, maka hal tersebut akan mengurangi nilai wawancara kerja yang  baik yang anda ikuti bahkan mungkin akan menutup peluang untuk masuk ke perusahaan tersebut.

2. Pelajari seluk beluk perusahaan yang anda ingin masuki.

Untuk membuat wawancara kerja yang baik sesuai dengan keinginan anda, maka anda diharuskan tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut, baik mengenai sejarahnya( secukupnya saja), jenis usahanya, laba yang dihasilkan (apabila memungkinkan), serta sistem kerja yang digunakan di tempat tersebut.

Ini sangat penting bagi anda ingin suatu wawancara kerja yang baik bagi anda, karena panelis pasti akan menanyakan hal tersebut minimal sebagian diantaranya.

3. Perhatikan pakaian dan cara penampilan anda untuk menciptakan suatu wawancara kerja yang baik.

Cara berpakaian dan penampilan merupakan hal pertama yang akan dinilai oleh panelis pada saat wawancara kerja berlangsung.

Wawancara kerja yang baik atau buruk akan tercipta sesaat setelah anda memasuki ruangan dan menunjukkan bagaimana cara anda berpenampilan pada saat itu.

Untuk pria alangkah baiknya apabila menggunakan kemeja rapi lengan panjang, tidak perlu menggunakan jas.

Pilih warna yang lembut dan tidak mencolok. Untuk wanita, agar mendapatkan suasana wawancara kerja yang baik hendaknya menggunakan baju yang rapi dan tidak terlalu ketat.

Kenakan rok kerja serta kancing baju atas dan sepatu kerja. itu semua menjadi suatu perkecualian apabila pihak perusahaan sudah menentukan jenis pakaian yang anda kenakan untuk wawancara.

4. Pastikan tempat, waktu serta ruangan yang digunakan untuk hasil wawancara kerja yang baik, jangan sampai anda tergesa – gesa karena tidak tahu tempatnya. Ini untuk membuat anda tidak salah tempat dan tersasar.

5. Datang tepat waktu. Ini penting dilakukan oleh anda yang ingin mendapatkan wawancara kerja yang baik.

Jangan sampai anda terlambat ke tempat wawancara, karena akan mengesankan bagaimana diri anda.

Kalau perlu datang setengah jam atau satu jam sebelum wawancara dimulai, pelajari kembali apa – apa yang sekiranya dibutuhkan dalam wawancara agar menjadi wawancara kerja yang baik akhirnya.

6.  Berlatih terlebih dahulu untuk menghadapi pertanyaan jebakan yang seringkali atau bahkan pasti diajukan agar mendapatkan suatu hasil wawancara kerja yang baik.

Pertanyaan Yang Menjebak Dalam Wawancara Kerja Yang Baik

Beberapa pertanyaan yang sifatnya menjebak antara lain;

– Mengapa anda memilih untuk melamar bekerja di sini?

– Apa yang anda sukai dan tidak anda sukai di tempat kerja lama anda?

– Apa saja kelemahan serta kelebihan anda yang membuat kami harus menerima anda bekerja di sini?

– Apa yang membuat anda meninggalkan pekerjaan anda sekarang/dulu?

Memang untuk mendapatkan hasil wawancara kerja yang baik yang sesuai dengan keinginan anda sebagai pelamar membutuhkan ketelatenan anda dan perjuangan anda.

Berbagai pertanyaan tersebut lumayan menentukan atau bahkan menjadi penentu akan hasil wawancara kerja yang baik.

Maka dari itu, baik dan buruknya suatu hasil wawancara kerja tergantung pada diri anda sendiri, alangkah baiknya apabila anda menginginkan suatu wawancara kerja yang baik mempelajari terlebih dahulu segala sesuatunya dari berbagai sumber termasuk mengenai bagaimana menjawab pertanyaan – pertanyaan jebakan seperti di atas.

BACA JUGA :