Anda Kembali Gagal Saat Wawancara Kerja? Mungkin Anda Terlalu Cuek

Hingga kini, tahap wawancara kerja masih menjadi bagian terpenting dalam penentuan peneriman kerja. Untuk itu, setelah melalui serangkaian tes dan proses seleksi kerja, para pelamar kerja akan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin saat mendapat panggilan interview.

Gagal Saat WawancaraBerbagai persiapan dilakukan mulai dari fisik, mental, hingga mendaftar pertanyaan umum yang biasanya diajukan oleh pewawancara.

Meskipun berbagai kesiapan tersebut sangat penting, namun beberapa hal kecil lainnya tidak boleh luput dari perhatian pelamar kerja.

Sayangnya, tak sedikit pelamar kerja utamanya lulusan baru yang secara tidak sadar melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa menyebabkan kegagalan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan saat wawancara yang harus dihindari.

1. Datang terlambat
Meski hanya 5 menit, keterlambatan bisa berakibat fatal dan bisa membuat kacau persiapan yang telah dibuat. Selain itu, ini juga akan menunjukkan betapa buruknya manajemen waktu di miliki dan kemungkinan buruk lainnya, Anda dapat dinilai kurang menaruh hormat pada perusahaan yang Anda lamar.

Menghindarkan ini, usahakan datang lebih awal sebelum jadwal yang ditentukan, minimal 15 menit sebelumnya. Ini akan membuat Anda lebih siap dan tenang dalam menjalani proses wawancara kerja nantinya.

2. Pakaian kurang sesuai
Penampilan juga harus diperhatikan saat wawancara kerja. Minimal, Anda terlihat sopan, rapi dan bersih. Jangan sampai pakaian yang Anda kenakan terlihat kusut dan kotor karena ini akan menujukkan kurangnya tanggung jawab Anda terhadap diri sendiri, bagaimana nantinya dengan pekerjaan?

Selain itu, pemilihan baju juga sangat penting. Usahakan mengenakan pakaian yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamari dan jangan terlalu ketat atau terbuka.

3. Menggunakan ponsel
Sebisa mungkin, hindari penggunaan ponsel saat wawancara kerja berlangsung. Anda dapat mematikan atau menyetel mode senyap dan menyimpannya di dalam tas agar tak mengganggu jalannya wawancara kerja dan memecah konsentrasi.

Tak hanya kurang sopan, penggunaan ponsel juga akan menunjukkan bahwa Anda kurang menaruh prioritas terhadap wawancara kerja tersebut.

Itulah beberapa hal kecil yang dapat diartikan sebagai kesalahan dan bisa membuat kegagalan wawancara kerja . Pastikan saat melakukan wawancara, Anda memiliki 4 K yang akan memulukan jalannya proses penentuan kerja tersebut diantaranya kesiapan, kedisiplinan, kerapian, dan kehormatan.

BACA JUGA :