Contoh Lamaran Kerja Saya

Contoh Lamaran Kerja Yang Baik

tips membuat contoh lamaran kerjaPada saat melamar kerja, hal pertama yang dilakukan tentu adalah mengirimkan surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah sebuah alat untuk menjelaskan segala kemampuan dan potensi diri anda sehingga perusahaan harus menhgundang anda untuk wawancara.

Anda harus ingat bahwa surat lamaran kerja tidak bertujuan untuk membuat anda diterima namun lebih kepada membuka kesempatan bagi anda untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Maka, dalam surat lamaran tersebut anda harus mampu meyakinkan perusahaan yang anda tuju, bahwa anda layak untuk mengikuti tes selanjutnya.

Berikut ini saya jelaskan beberapa contoh lamaran kerja yang baik.

Contoh lamaran kerja yang baik terdiri dari cover letter atau disebut juga dengan surat lamaran kerja dan curiculum vitae atau yang dikenal juga dengan nama daftar riwayat hidup.

Cover letter biasanya merupakan surat utama dan curiculum vitae merupakan lampiran yang termasuk juga fotokopi ktp, pasfoto, atau dokumen-dokumen penunjang lain.

Dalam cover letter, usahakan menyebut nama perusahaan, nama posisi yang dilamar, serta darimana anda bisa mendapatkan iklan lowongan kerja di perusahaan yang bersangkutan. Pergunakanlah bahasa yang positif untuk mendeskripsikan diri anda dalam surat lamaran dan daftar riwayat hidup.

Jelaskan pula antusiasme anda pada pekerjaan yang dilamar dengan bahasa yang wajar dan tidak berlebihan.

Cek sekali lagi surat lamaran anda untuk menghindari kesalahan kecil yang akan menimbulkan kesan kurang teliti.

Contoh lamaran kerja yang baik tidak mengabaikan kolom hobi. Perusahaan biasanya akan tertarik pada orang yang mempunyai bakat atau minat yang unik.

Isilah kolom hobi dengan kegiatan yang berguna misalnya membaca, menulis, atau traveling yang akan menjadi nilai lebih jika anda melamar jenis pekerjaan lapangan

BACA JUGA :