Home » Trik Interview Kerja » Contoh Pertanyaan Interview Kerja

Contoh Pertanyaan Interview Kerja

Contoh Pertanyaan Interview Kerja

Contoh pertanyaan interview kerjaContoh pertanyaan interview kerja di bawah ini mungkin sangat anda butuhkan saat ini.

Mungkin anda saat ini sedang dalam keadaan mempersiapkan diri untuk memenuhi panggilan interview kerja di sebuah perusahaan.

Mungkin ini merupakan salah satu hal yang telah anda nantikan. Tetapi mungkin anda saat ini juga kebingungan karena anda sama sekali tidak memiliki gambaran akan pertanyaan yang akan diajukan nanti.

Ini berarti anda butuh contoh pertanyaan interview kerja agar anda memiliki gambaran yang jelas atau sedikit petunjuk mengenai pertanyaan – pertanyaan yang biasa diajukan dalam interview.

Maka dari itu, berikut ini ada beberapa contoh pertanyaan interview kerja yang biasa diajukan oleh pewawancara.

Contoh pertanyaan interview kerja berikut mungkin dapat anda jadikan pegangan sebagai bekal anda menghadapi interview kerja yang akan anda hadapi;

Contoh pertanyaan interview kerja yang pertama adalah: ceritakan mengenai diri anda. Pertanyaan macam ini biasanya diungkapkan pertama kali dalam interview.

Yang paling penting untuk anda ungkapkan dalam menjawab contoh pertanyaan interview kerja macam ini adalah;jelaskan mengenai diri anda, identitas lengkap anda, pendidikan terakhir anda beserta prestasi – prestasinya, pengalaman kerja anda (apabila ada) juga lebih bagus apabila anda ungkapkan.

Contoh pertanyaan interview kerja yang kedua adalah: apa kelebihan anda?

Ini adalah contoh pertanyaan interview kerja yang tergolong klasik. Pertanyaan ini sangat sering atau bahkan akan ditanyakan oleh “panelis” untuk mengetahui seluk beluk diri anda lebih jauh.

Anda dapat anda jawab pertanyaan ini dengan menjelaskan prestasi anda dalam pekerjaan terdahulu (misalkan ada).

Yang ketiga adalah: apa kekurangan anda?

Contoh pertanyaan interview kerja jebakan

Ini contoh pertanyaan interview kerja yang sifatnya jebakan. Di sini anda diminta untuk mengenal diri anda lebih dalam serta usaha anda untuk memperbaiki diri.

Contoh keempat adalah: Mengapa anda melamar kerja disini?

Menghadapi contoh pertanyaan interview kerja semacam ini anda perlu menggali lebih dalam mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut. Baik mengenai produk – produknya ataupun background perusahaannya.

Dalam menjawabnya anda dapat menyinggung tentang track record yang baik dari perusahaan tersebut.

Contoh pertanyaan interview kerja selanjutnya dapat bervariasi, namun berikut ada beberapa.

1. Mengapa anda keluar dari pekerjaan anda?

contoh pertanyaan interview kerja macam ini bermaksud menggali lebih dalam mengenai sikap serta kinerja anda.

jawablah pertanyaan ini dengan tanpa menyebutkan hal – hal negatif yang pernah anda lakukan atau alami. Ini dapat menjadi pertimbangan bagi panelis untuk menerima atau menolak anda.

2. Apa yang tidak anda sukai di pekerjaan lama anda?

ini seringkali ditanyakan agar panelis tahu bagaimana sifat anda.

3. Apa target anda 5 tahun mendatang?

Contoh pertanyaan interview kerja macam ini dimaksudkan untuk mengetahui apa yang menjadi harapan anda. jawab pertanyaan ini sebaik mungkin tanpa mendiskreditkan pihak tertentu.

4. Apabila anda dihadapkan pada deadline yang ketat, namun anda tidak dapat menyelesaikannya, maka apa yang anda lakukan?

Anda dapat menjawab dengan, “saya akan berusaha untuk bekerja lembur dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya”.

Berbagai contoh pertanyaan interview kerja di atas merupakan pertanyaan – pertanyaan yang umum dilontarkan saat interview dilaksanakan.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda perlu mempelajari bagaimana sikap yang baik dalam menghadapi panelis. Anda juga perlu ingat serta bagaimana anda menjawab, yaitu menggunakan kata – kata yang santun serta jelas.

Seberapapun banyaknya contoh pertanyaan interview kerja yang anda dapatkan hanya bersifat membantu, bukan sebagai acuan pokok.

Pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan terkadang hanya berdasarkan subjektifitas panelis sendiri. Adapun contoh pertanyaan interview kerja di atas setidaknya dapat memberikan anda gambaran mengenai situasi dan kondisi bahan pertanyaan yang akan diberikan kepada anda.

Dengan adanya contoh pertanyaan interview kerja di atas semoga anda mampu melewati setiap ujian kerja yang dilaksanakan dan anda meraih apa yang anda impikan.

satu komentar tentang “Contoh Pertanyaan Interview Kerja”

  1. Relisna Nainggolan says:

    Trimakasi.Informasi ini sangat membantu saya .GBU

    [Reply]

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014