Home » Trik Interview Kerja » Contoh Pertanyaan Interview Kerja

Contoh Pertanyaan Interview Kerja

>Tips Menghadapi Pertanyaan Interview Kerja

Pertanyaan Interview Kerja Begitu cepatnya waktu berlalu, kadang tanpa disadari kita telah menyelesaikan jenjang pendidikan yang tinggi. Banyak hal yang telah kita lakukan dan capai selama ini. Tetapi saat akan memulai tahap baru yaitu bekerja sering membuat kita ragu.

Apakah kita akan mendapatkan pekerjaan seperti yang diharapkan dan dicita-citakan selama ini?

Di saat seperti sekarang ini lowongan pekerjaan yang semakin sulit dan pengangguran yang semakin tinggi. Ini terjadi karena jumlah pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja yang ada.

Sehingga tingkat persaingan antara para pencari kerja semakin besar. Hal tersebut mungkin telah menjadi pemikiran yang tersendiri. Tetapi sebagai pencari kerja yang melamar pada perusahaan yang ada.

Harus tetap berpikir positif dan optimis. Jangan sampai berpikiran bahwa kita tidak mampu bersaing. Karena itu harus tetap berusaha dan berani untuk mencoba. Bila kita telah dipanggil untuk test wawancara berarti telah satu langkah terlewati.

Setelah itu tergantung pada diri sendiri untuk membuktikan bahwa kita layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Saat panggilan untuk test wawancara mereka akan memberikan pertanyaan interview kerja.

Persiapan Menghadapi Pertanyaan Interview Kerja

Pertanyaan interview kerja sebenarnya pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan, dan kemampuan atau potensi yang ada dalam diri calon pelamar.

Juga mengenai motivasi, cara dan ketahanan kita sebagai karyawan dalam menghadapi stress dalam pekerjaan. Bagaimana inisiatif kita dalam bekerja, sikap kita dalam bekerja, hubungan kita dengan sesama.

Kepercayaan diri yang ada, kemampuan berpikir secara cermat. Juga kemampuan dalam mencapai keberhasilan, aspirasi diri, kelemahan diri, sosialisasi, dan kemandirian diri, dan kepemimpinan.

Semua pertanyaan interview kerja berhubungan dengan hal tersebut di atas. Dalam menjawab pertanyaan interview kerja haruslah dengan intonasi yang jelas, dan runtut. Tidak berbelit-belit dan dengan bahasa yang sopan.

Mengapa pertanyaan interview kerja lebih menekankan pada aspek kepribadian?

Karena hal tersebutĀ  berpengaruh besar pada hubungan kita dengan sesama karyawan dan akhirnya akan berpengaruh dengan kinerja dan hasil akhir dari pekerjaan.

Keberhasilan dalam pekerjaan bukan hanya ditentukan dengan kepandaian saja. Tetapi faktor kepribadian sangat menentukan dalam keberhasilan dalam pekerjaan.

Orang yang mempunyai kepribadian yang mudah beradaptasi dan mudah menyesuaikan dengan ritme kerja di perusahaan. Akan mudah diterima di manapun ditempatkan dalam pekerjaan. Dan akan memberikan nilai tambah pada dirinya.

Hal tersebut berpotensi untuk dapat meningkatkan kariernya di masa depan.

Beberapa contoh Pertanyaan Interview Kerja

Contoh pertanyaan interview kerja mengenai motivasi diri adalah mengapa kita memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Sedangkan contoh pertanyaan interview kerja apakah kita dapat bekerja di bawah tekanan adalah untuk mengetahui bagaimana kita menghadapi tekanan/stress yang terjadi.

Untuk mengetahui inisiatif kita, perusahaan mungkin akan bertanya mengenai yang kita ketahui tentang perusahaan tersebut.

Pertanyaan interview kerja tentang sikap kerja untuk mengetahui tindakan apa yang akan kita lakukan bila kita menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan tentu menginginkan karyawan yang mempunyai rasa percaya diri, kemampuan untuk memecahkan masalah yang ada, kemampuan untuk membuat keputusan, kemandirian, dan jiwa kepemimpinan.

Pertanyaan interview kerja tersebut di atas bukan hanya untuk karyawan yang menjadi atasan dan akan membawahi banyak orang tetapi untuk setiap karyawan diharapkan mempunyai hal tersebut di atas.

Karena bekerja di suatu perusahaan tentulah mempunyai bermacam-macam tantangan dan tekanan kerja yang akan dihadapi. Maka dibutuhkan karyawan yang kuat, tegas dan berkepribadian yang kuat. Dari aspek tersebut kita dapat memprediksi pertanyaan interview kerja yang akan diajukan perusahaan.

Dalam menjawab pertanyaan interview kerja bersikaplah yang sopan, ramah. Jadilah diri sendiri jangan menjawab pertanyaan interview kerja dengan bertele-tele.

Berikan jawaban yang ringkas, diplomatis bila pertanyaan interview kerja sepertinya menjebak kita. Melalui pertanyaan interview kerja perusahaan tentu akan mencari karyawan yang tahu banyak tetapi bukan yang sok tahu.

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang bagaimana 3 Langkah Jitu MenulisĀ  Surat LamaranĀ  Kerja yang pasti dibaca dan tidak bisa ditolak oleh Perusahaan impian Anda, klik disini pertanyaan interview kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© www.tipswawancarakerja.com