Home » Menjawab Pertanyaan » Dialog Wawancara Kerja

Dialog Wawancara Kerja

>Mempersiapkan Dialog Wawancara Kerja Yang Baik

Dialog Wawancara KerjaDialog wawancara kerja biasanya berhubungan dengan aspek teknis yang sesuai dengan apa yang menjadi syarat jabatan dan juga aspek psikologis yang meliputi sikap kerja dan juga profil dari kepribadian pelamar secara umumnya.

Tujuan dari dialog wawancara kerja ini adalah untuk memberikan seorang  pelamar pekerjaan dan orang yang mewawancara untuk saling berbagi informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan kerja, aktivitas bisnis dan rencana masa depan.

Dari jawaban yang timbul dari dialog wawancara kerja inilah dapat diputuskan apakah pelamar benar benar bisa memenuhi criteria yang diberikan oleh perusahaan, dan apakah pekerjaan yang ditawarkan cocok buat pelamar.

Dari dialog wawancara kerjapihak perusahaan dapat menilai anda kemampuan anda, dan bakat, sampai kepada kepribadian anda serta motivasi dalam melakukan pekerjaan yang ditawarkan.

Pada umumnya dialog wawancara kerja ini dibagi menjadi dua sesi, dialog wawancara kerja yang pertama merupakan proses untuk saling mempelajari antar kedua belah pihak dan merupakan dialog wawancara kerja dua arah.

Untuk dapat melakukan dialog wawancara kerja yang baik diperlukan beberapa persiapan. Yaitu persiapan untuk membangun rasa percaya diri anda.

jika anda merasa percaya diri, jawaban yang keluar dari mulut anda akan lebih santai dan dapat lebih memperlihatkan kualifikasi dari anda secara personal.

Dialog wawancara kerja merupakan kegiatan lanjutan setelah anda lulus seleksi untuk resume yang anda kirim.

Dialog wawancara kerja merupakan saat dimana seseorang akan merasakan keberuntungan karena berada di tempat yang tepat dan saat yang tepat pula.

Kesempatan ini akan datang pada anda jika, anda dapat menceritakan tentang kelebihan anda kepada perusahaan yang sedang mencari pekerja, ceritakan juga kekurangan anda, tetapi ceritakan dengan bagaimana kekurangan itu dapat ditutupi oleh kelebihan yang anda miliki.

Jika anda tidak memiliki persiapan yang matang pada saat melakukan dialog wawancara kerja, walaupun anda dinyatakan bagus dan berkualitas di dalam resume, anda tidak akan mendapatkan apa apa.

Anda harus bisa menunjukkan bahwa anda memiliki sesuatu yang dapat ditawarkan. Bukan hanya keberuntungan yang dibutuhkan di dalam dialog wawancara kerja, melainkan persiapan yang matang.

Beberapa Hal Yang Dipertanyakan Dalam Dialog Wawancara Kerja

Aspek teknis :

Jangan terlalu berbelit belit untuk menjelaskan siapa anda, ceritakan bagaimana anda memperoleh keberhasilan didalam pekerjaan anda sebelumnya. Anda juga boleh menceritakan pengalaman anda dengan penuh percaya diri.

Aspek psikologis :

Ceritakan secara jujur mengenai diri anda, yang terpenting adalah analogikan dialog wawancara kerja sebagai ajang anda untuk menjual kemampuan anda kepada perusahaan.

Sebelum datang ke wawancara dan melakukan dialog wawancara kerja, pelajari perusahaan tempat anda melamar, produk apa saja yang dihasilkan, servis yang dijual dan yang penting lokasi.

Sekarang banyak cara yang dapat dilakukan seperti menggunakan internet, dan bertanya mengenai segala sesuatu tentang perusahaan itu. Jadi jika anda mendapatkan pertanyaan seputar perusahaan jangan sampai anda mengatakan “ saya tidak tahu” .

Penting untuk mengenali diri anda sendiri, latihan di depan cermin akan membantu anda merasa nyaman terhadap diri anda sendiri.

Apapun Pertanyaannya, usahakan menjawab yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Jika anda melakukan dialog wawancara kerja, usahakan orang yang mewawancara anda dapat menyukai anda.

Jika dia merasa aman berbicara dengan anda, dapat dipastikan anda akan mendapatkan pekerjaan itu.

Tentang pakaian, jika menghadiri dialog wawancara kerja jangan menggunakan pakaian yang berlebihan.

Pilih pakaian yang konservatif, buat pria sebaiknya tidak memakai anting, buat wanita jangan menggunakan perhiasan yang terlalu mencolok.

Baju rapih dan sepatu yang bersih. Jangan menggunakan parfum yang baunya menyengat, sebagian orang ada yang alergi terhadap parfum dan mencolok.

satu komentar tentang “Dialog Wawancara Kerja”

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014
Artikel Yang Banyak Dibaca Hari Iniclose