HRD Membocorkan 3 Hal Ini Yang Dinilai Saat Tes Interview Kerja

Tes Interview adalah salah satu tahapan penting dalam perekrutan karyawan baru. Pihak perusahaan akan melihat siapa saja yang layak dipertimbangkan untuk menempati suatu posisi di perusahaan mereka dan siapa yang memang tidak cukup layak di bidang itu.

trik interviewBanyak para pelamar yang merasa cemas dan kesulitan menghadapi tahapan ini. Karena itu, persiapan yang baik menjadi penting untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan atau penilaian dari pihak perusahaan yang menjadi penentu kelulusan Anda dalam tes interview. Berikut merupakan hal-hal yang dinilai dalam tes interview:

1. Wawasan tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

Ya, pengetahuan Anda mengenai perusahaan Anda lamar akan menjadi salah satu penilaian yang kuat dari pihak perusahaan. Sebelum tes interview sebaiknya Anda mencari tahu informasi seputar perusahaan tersebut, tentang visi dan misi perusahaan, dan bergerak di bidang apa perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memiliki wawasan terhadap posisi yang Anda lamar, menyangkut tugas dan tanggung jawabnya, bergelut dibidang apa posisi tersebut, bahkan Anda juga perlu mencari tahu berapa gaji yang biasanya diberikan untuk posisi tersebut.

2. Cara bersikap dan berpenampilan

Cara Anda dalam bersikap dan berpenampilan akan berpengaruh cukup besar pada keputusan pihak perusahaan. Seberapa pun hebatnya seseorang, tapi ia mempunyai sikap yang kasar atau tidak sopan, maka pihak perusahaan akan berpikir dua kali untuk menerimanya.

Penampilan Anda secara subjektif juga akan sangat berpengaruh karena tentunya pihak perusahaan menyukai seseorang yang berpenampilan rapi dan bersih.

3. Motivasi kerja dan rencana masa depan

Pihak perusahaan akan meminta Anda untuk memaparkan apa yang menjadi motivasi Anda melamar di perusahaan tersebut, dan mengapa Anda memilih posisi atau jabatan yang ditawarkan.

Tentu saja hal ini harus Anda ungkapkan dengan penuh keyakinan dan jangan ragu-ragu. Untuk itu, Anda sebaiknya sudah mereka-reka jawabannya sebelum Anda menghadapi tes interview.

Rencana masa depan Anda juga tak jarang menjadi pertimbangan pihak perusahaan, karena pihak perusahaan ingin melihat sejauh apa Anda serius untuk menekuni pekerjaan baru ini dan seberapa lama Anda akan bertahan di perusahaan tersebut.

Hindari untuk menyampaikan jawaban bahwa di masa depan Anda ingin bekerja di tempat lain atau berada di tempat lain.

BACA JUGA :