Interview Bahasa Inggris

Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja Bahasa Inggris

Interview Bahasa InggrisInterview Bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh berbeda dengan interview kerja yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Termasuk hal-hal esensial yang biasa dilakukan saat interview juga berlaku pada interview bahasa Inggris.

Sebelum kita menghadiri interview bahasa inggris, kita harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat krusial, yaitu memperbaiki kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris yang telah miliki.

Tips Sebelum Mengikuti Interview Bahasa Inggris

Sebelum menghadiri sebuah interview bahasa Inggris, kita harus benar-benar yakin, bahwa segala pertanyaan yang akan diberikan interviewer akan dapat kita mengerti dan akan dapat kita jawab dengan bahasa komunikasi yang baik dan benar, sesuai struktur tata bahasa inggris yang berlaku.

Oleh karena itu, sebelum menghadiri interview bahasa inggris, kita harus berlatih berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Sebisa mungkin carilah lawan bicara untuk berlatih.

Jangan sungkan-sungkan mencari bantuan dari orang yang telah berpengalaman menghadiri suatu interview bahasa Inggris. Gali berbagai informasi mengenai seperti apa gaya bicara interviewer dalam suatu interview Bahasa Inggris.

Hal lain yang mungkin dianggap tidak terlalu penting, dalam mempersiapkan diri sebelum menghadiri suatu interview bahasa Inggris, adalah faktor makanan. Perhatikan makanan yang anda konsumsi satu hari sebelum menghadiri interview Bahasa Inggris.

Pola makan yang baik, akan membantu meningkatkan daya tahan dan stamina yang memang dibutuhkan lebih, ketika anda menghadiri suatu interview kerja Bahasa Inggris. Sebaliknya, pola makan yang buruk, dapat menghambat performa kita.

Faktor penting lainnya adalah beristirahatlah dengan cukup pada malam harinya.

Interview bahasa inggris, tentu memerlukan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dari biasanya.

Pada dasarnya kita tidak terbiasa mendengar orang berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Jadi, ketika kita menghadiri interview Bahasa Inggris, kita dituntut memiliki konsentrasi yang lebih, untuk dapat menyimak secara sempurna setiap pertanyaan yang diajukan interviewer.

Oleh karena itu, tidak dapat dibayangkan, apabila kita dalam kondisi lapar, tidak enak badan atau pun mengantuk, dan kita harus berkonsentrasi untuk menjawab setiap pertanyaan, yang diajukan dalam bahasa yang tidak lazim kita dengar.

7 Tips Menghadapi Interview Bahasa Inggris

Di bawah ini, 7 hal yang harus diperhatikan ketika menghadiri interview bahasa Inggris:

1. Kenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri berarti paham terhadap setiap kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.
Dalam interview bahasa Inggris, tentu segala kemampuan harus dijabarkan dalam konteks bahasa formal sesuai Tata Bahasa Inggris.

Selain itu tutupi berbagai kelemahan yang kita miliki, dengan gaya bahasa yang tidak mengada-ada.

2. Kenali informasi mengenai perusahaan

Carilah berbagai informasi mengenai perusahaan. Apabila memang perusahaan memiliki situs online yang memakai dua bahasa, untuk lebih memudahkan, pahami yang memakai versi Bahasa Inggris.Ingat, yang kita hadiri adalah interview bahasa Inggris.

3. Hafalkan riwayat kerja yang dimiliki

Semua riwayat kerja yang dituangkan dalam resume harus benar-benar hafal. Sehingga jawaban yang kita lontarkan dapat sesuai.

4. Pahami berbagai pertanyaan yang diajukan

Memahami berbagai pertanyaan dan menjawabnya dengan baik, merupakan salah satu faktor vital.

Bagi kebanyakan orang Indonesia yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris, menyimak dan menjawab pertanyaan dalam interview bahasa Inggris tentu merupakan sesuatu yang amat sulit.

5. Datang tepat waktu

Jangan pernah membuat interviewer menunggu. Idealnya ketika menghadiri suatu interview bahasa Inggris, kita harus sudah datang ke lokasi paling lambat sepuluh menit sebelum acara interview Bahasa Inggris dimulai.

6. Penampilan yang baik

Perusahaan yang mengundang interview bahasa Inggris, tentu bukan perusahaan biasa. Sebagian besar adalah perusahaan multi nasional. Jadi perhatikan penampilan agar terkesan profesional, sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

7. Bahasa tubuh yang baik

Dalam menghadiri interview bahasa Inggris, bahasa tubuh sangatlah penting. Jangan pernah menunjukan sikap gugup walaupun kita kurang dapat menyimak suatu pertanyaan.

Tanyakan kembali, misalnya dengan kalimat, “Excuse me, can you repeat the last question?”.

Jangan mengambil posisi menunduk ketika berbicara berhadapan.

Saya yakin Anda bisa sukses dalam menghadapi interview bahasa inggris :)

BACA JUGA :