Home » Trik Interview Kerja » Interview Kerja

Interview Kerja

Tips Sukses Saat Interview Kerja

Interview KerjaInterview kerja adalah poin dan seleksi penting saat seseorang ingin memasuki dunia kerja.

Tahap interview kerja ini terkadang menjadi tahap yang menakutkan serta seringkali menjadi momok menakutkan karena harus berhadapan dengan sejumlah panelis yang berkompeten di bidangnya masing – masing dan mencecar si pelamar dengan pertanyaan – pertanyaan yang kadangkala menjebak.

Pelamar yang kurang persiapan ataupun yang kurang yakin biasanya akan terlihat jelas saat memasuki tahap interview kerja ini.

Maka dari itu ada beberapa jalan untuk mempersiapkan diri agar rasa percaya diri dapat tumbuh dan tidak terlihat adanya keraguan serta memberi kesan professional.

Hal pertama yang patut diingat adalah, surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan sudah memenuhi standar penulisan yang ada ataukah belum.

Maka dari itu saat membuat surat lamaran kerja perlu mengetahui cara – cara serta aturan yang dianjurkan.

Akan tetapi apabila lamaran kerja sudah terlanjur dikirimkan dan ternyata mampu meloloskan ke tahap seleksi yang selanjutnya yaitu undangan untuk mengikuti interview kerja, maka hal yang terpenting bagi seorang pelamar kerja sekarang adalah mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapi ujian tersebut.

Persiapan Sebelum Melakukan Interview Kerja

Hal pertama yang harus anda camkan adalah yakinlah atas surat lamaran kerja yang anda telah kirimkan.

Kenapa begitu?

Secara tidak langsung, surat lamaran kerja yang anda kirim telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut, maka bagaimanapun isinya yang jelas telah membuat anda lolos ke tahap selanjutnya yaitu interview kerja.

Pada saat akan berangkat menjalani interview kerja, berdoalah terlebih dahulu. Kenakan pakaian yang sopan, bersepatu kantor, berkemeja, dan bercelana kain.

Jangan sekali – kali mengenakan kaos ataupun celana jeans atau anda akan disangka tidak sopan, kecuali memang diminta.

Kemudian latihlah komunikasi lisan anda dengan tutur kata yang santun, intonasi yang jelas serta memahami seluk beluk pekerjaan yang anda ingin tempati.

Interview kerja yang akan anda ikuti akan memberikan pertanyaan terutama seputar anda pribadi, seberapa tinggi kualitas anda serta pengetahuan anda mengenai seluk beluk pekerjaan yang anda lamar.

Ketahui pula cara – cara menghadapi penginterview.

Biasanya dalam interview kerja anda ditanya oleh beberapa orang panelis yang akan mewawancarai anda secara berhadapan. Maka ketahuilah tata cara yang benar untuk menghadapi mereka.

Masuklah ruangan yang disediakan untuk interview kerja dengan cara sopan, berjalan normal, jangan tunjukkan sikap sok seperti membusungkan dada, berkacak pinggang, dll.

Sapa mereka dengan teguran dan senyum yang menyenangkan. Kemudian duduklah dikursi yang disediakan untuk melakukan interview kerja.

Tegakkan badan anda saat duduk, jangan meletakkan tangan diatas meja, ini akan mengesankan bahwa anda adalah orang yang kurang bersemangat.

Yang terpenting anda lakukan pada saat interview kerja berlangsung adalah kurangi senyum, tunjukkan keseriusan namun tidak berkesan dingin.

Jawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan dengan mantap, hindari penggunaan kata – kata yang mengesankan adanya keragu – raguan seperti eee, emm, anu, dll.

Ambil nafas secukupnya pada saat akan menjawab pertanyaan, ini akan memberikan efek tenang ke otak anda serta mengantisipasi agar jawaban anda tidak terbata – bata karena kekurangan nafas.

Pada saat interview kerja berjalan, selalu konsentrasi mendengar ataupun menjawab pertanyaan yang diajukan juga sangat penting, jangan sampai anda meminta pengulangan pertanyaan dari panelis.

Camkan dalam hati anda bahwa anda pasti mampu menjawab pertanyaan yang para panelis ajukan pada interview  tersebut.

Jawab pertanyaan yang diajukan kepada anda dengan jujur, jangan membuang pandangan kemana – mana atau anda akan dikira orang yang kurang percaya diri.

Ingatlah dalam memori dan hati anda bahwa yang anda hadapi pada interview kerja tersebut adalah manusia biasa juga.

Jadi jangan takut apalagi gugup dalam menghadapi orang – orang yang anda temui dalam ruang interview kerja tersebut.

Dengan menjalankan tips untuk menghadapi interview kerja ini semoga cita – cita anda untuk mendapatkan pekerjaan idaman bisa menjadi kenyataan, amin.

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014