Home » Trik Interview Kerja » Interview Wawancara

Interview Wawancara

Tips Jitu Menghadapi Interview Wawancara Kerja

Interview WawancaraInterview wawancara kerja bisa jadi hal yang paling dihindari ketika seseorang melamar pekerjaan.

Mengapa?

Karena banyak dari pelamar kerja yang berakhir dengan pencarian mata pencaharian lain karena tidak lulus interview wawancara kerja.

Meskipun CV sudah dikirimkan dan terlihat sangat kuat, para pelamar cenderung diundang oleh pembuka lowongan kerja untuk mengadakan interview wawancara kerja.

Interview wawancara kerja tidak pernah terasa lebih mudah – bahkan ketika anda tidak dapat lagi menghitung berapa banyak interview wawancara kerja yang sudah pernah dijalankan.

Pada hakikatnya, interview wawancara kerja sama saja artinya dengan bertemu orang baru, ‘memamerkan’ diri anda beserta bakat-bakat yang anda punya, dan kadang aspek-aspek sampingan baik yang anda tahu maupun yang anda tidak tahu.

Pada akhirnya, persiapan yang baik akan meluluskan diri anda dari interview wawancara kerja bagaimanapun menyeramkannya wawancara itu.

Beberapa waktu sebelum dimulainya interview wawancara kerja, berlatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara yang cenderung ditanyakan bisa jadi hal yang bermanfaat.

Berpikirlah mengenai contoh atau bahkan kejadian nyata yang bisa mendeskripsikan keahlian-keahlian yang anda punya.

Ingat bahwa salah satu tujuan interview wawancara kerja adalah ‘memamerkan’ bakat-bakat anda. Membawa bukti serta merta ke wawancara kerja akan memberi anda nilai tambah tersendiri. Kadang, satu bukti akan mengalahkan sejuta kata.

Bersiaplah untuk memberikan respon ketika pertanyaan-pertanyaan menantang ditujukan kepada anda.

Pertanyaan-pertanyaan menantang tersebut kadang menjadi alasan utama diadakannya interview wawancara kerja.

Banyak dari mereka yang tersandung dengan pertanyaan-pertanyaan macam ini. Yang paling utama sebelum anda pergi menuju wawancara kerja adalah kenali betul perusahaan tempat di mana anda akan bekerja.

Pembuka lowongan kerja tentunya akan lebih memilih mereka yang memahami betul apa tujuan dan cara kerja perusahaan ketimbang mereka yang sarat bakat dan prestasi tapi ‘buta’ akan perusahaan itu sendiri.

Perhatikan hal-hal yang sangat sensitif sebelum memulai wawancara kerja.Perhatikan pakaian anda dari atas sampai ke bawah!

Mungkin terdengar sangat lucu tapi kebanyakan orang memberikan kesan pertama dari apa yang mereka pakai saat bertemu pertama kali.

Dengan demikian dasi, kemeja, jas, dan celana panjang berbahan akan cenderung menjadi teman anda dalam wawancara kerja sekalipun anda sangat anti dengan atribut-atribut sangat formal tersebut.

Bisa jadi hal yang paling dan sangat utama dalam wawancara kerja adalah tiba tepat waktu!

Sekali lagi, hal ini sering dikaitkan dengan kesan pertama bertemu dengan seseorang baru untuk yang pertama kalinya.

Anda mungkin sudah seringkali mendengar kata-kata ocehan seperti ’baru pertama kali saja sudah datang terlambat, bagaimana nanti?’

Oleh karena itu, jangan coba-coba untuk datang terlambat ke wawancara kerja.

Namun, datang terlambat bukan berarti akhir dari dunia apalagi bila anda memiliki alasan yang sangat masuk akal mengapa anda datang terlambat seperti kecelakaan, keadaan darurat, dan keadaan yang tidak diinginkan lainnya yang menyita waktu perjalanan anda.

Dalam interview wawancara kerja, hal yang harus diperhatikan yaitu usahakan untuk tetap tenang apapun kondisinya. Jangan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang belum pernah bekerja di bawah tekanan sebelumnya.

Menjaga kontak mata dengan si pewawancara merupakan hal biasa yang sebaiknya tidak dilupakan.

Dengarkan sebuah pertanyaan secara keseluruhan!

Adalah hal yang sangat memalukan bila si pewawancara mengulang pertanyaan yang sama sebanyak dua kali hanya karena anda lupa apa pertanyaan tersebut.

Usahakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang ada kaitannya dengan peran yang anda inginkan.

Hal tersebut tentunya akan menjadi nilai tersendiri yang akan anda raih. Menuju ke akhir dari interview wawancara kerja, jangan lupa untuk mengalamatkan ucapan ’terima kasih’ kepada mereka yang sudah menyiapkan waktunya untuk mewawancara anda.

Apabila anda diwawancara oleh beberapa orang, usahakan untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka satu per satu ketimbang satu ucapan untuk sekelompok pewawancara tersebut.

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014