Home » Persiapan Wawancara » Kiat Wawancara Kerja

Kiat Wawancara Kerja

>Kiat Wawancara Kerja Untuk Calon Karyawan

Kiat Wawancara KerjaPekerjaan bagi orang yang telah menyelesaikan pendidikan formalnya tentu menjadi impian selanjutnya. Banyak impian-impian yang ingin dicapai melalui pekerjaan yang kita dapatkan.

Di saat seperti sekarang ini di mana lowongan pekerjaan yang tersedia lebih sedikit daripada daftar pelamar pekerjaan.

Sehingga sangat memungkinkan bahwa satu pekerjaan diperebutkan oleh puluhan bahkan ratusan calon pelamar kerja. Di sini diperlukan strategi dalam menghadapi test dan kiat wawancara kerja.

Banyak pelamar dalam menghadapi test maupun saat wawancara kerja tidak mempersiapkan diri dan tidak mengetahui kiat wawancara kerja dengan baik. Sehingga bukan karena tidak memenuhi persyaratan dalam segi kualitas tetapi karena saat wawancara kerja tidak memperlihatkan sikap yang baik dan profesional sebagai seorang calon karyawan.

Melalui wawancara kerja, sebuah perusahaan akan dapat menilai kredibilitas dan profesionalisme dari seorang pelamar.

Kiat wawancara kerja mungkin dapat sedikit membantu dalam menghadapi tes wawancara kerja. Saat wawancara kerja adalah saat yang tepat untuk memperlihatkan kemampuan dan potensi juga ketrampilan yang kita kuasai.

Melalui wawancara tersebut akan dapat diketahui bagaimana karakter seseorang (calon pelamar). Meskipun hal tersebut tidak selalu tepat, tetapi dapat menjadi gambaran bagi perusahaan mengenai diri pelamar.

Dalam wawancara kerja kita harus terlihat menarik dan bersemangat. Tunjukkan kelebihan dan keahlian yang kita miliki. Ceritakan dengan kalimat yang jelas dan terstruktur.

Perusahaan lebih menyukai calon karyawan yang selain mempunyai nilai akademis yang bagus juga mempunyai ketrampilan yang mendukung dalam pekerjaan di perusahaan tersebut.

Ketrampilan atau keahlian yang dicari oleh perusahaan disesuaikan dengan bidang usahanya. Misalnya keterampilan bahasa asing, keterampilan teknis tentang mesin untuk perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur.

Ketrampilan dalam mengelola sumber daya manusia, keterampilan di bidang pemograman computer dan keterampilan mengajar. Selain itu keterampilan manajemen keuangan, keterampilan ilmu kimia dan matematika dan keterampilan memecahkan masalah.

Mencari pekerjaan memang sulit di jaman ini. Jumlah tenaga kerja tidak sebanding dengan ketersediaan lowongan pekerjaan. Tetapi dengan kiat wawancara kerja ini diharapkan dapat menjadi gambaran dan panduan menghadapi test wawancara kerja.

Setiap orang tentu menginginkan pekerjaan yang bagus dengan penghasilan yang besar. Tetapi diterima tidaknya seseorang di suatu perusahaan tergantung dengan saat wawancara berlangsung. Kiat wawancara kerja dapat menjadi masukan untuk kita.

Kiat wawancara kerja caranya dengan melakukan latihan agar tidak gugup dan berhasil dalam test wawancara kerja.

Kiat wawancara kerja yang harus dilakukan oleh pelamar

- Berlatihlah dalam hal ketepatan dan kecepatan dalam merespon pertanyaan yang diajukan. Kiat wawancara kerja ini penting untuk dilakukan oleh para pelamar.

- Mempersiapkan penampilan sebelumnya dengan berpakaian yang rapih dan sopan sesuai adat ketimuran. Dan rapikan pakaian sebelum masuk ruangan untuk test wawancara.

- Membawa portofolio CV dan surat panggilan wawancara. Masukkan dalam map dan disusun dengan rapi agar mudah untuk mengambilnya.

- Datanglah sebelum tes wawancara berlangsung jangan terlambat.

- Bersikaplah tenang dan tidak gugup.

- Berjabat tangan dengan pewawancara sebelum mulai tes wawancara dengan tegas dan sopan tidak gemetar ataupun terlihat gugup. Ini merupakan salah satu kiat wawancara kerja yang dapat menjadi penilaian tersendiri.

- Tataplah pihak pewawancara dengan perhatian yang penuh.  Tetap fokus hanya pada pertanyaan yang diajukan. Jangan memberi kesan kita kurang memperhatikan pertanyaan yang diajukan.

- Pelajari terlebih dahulu seluk beluk mengenai perusahaan yang akan kita lamar.

- Sesudah tes wawancara ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan oleh pewawancara.

Melalui kiat wawancara kerja menjadikan langkah-langkah yang kita lakukan menjadi tertata dengan baik. Diharapkan dengan melalui tulisan kiat wawancara kerja dapat memberikan gambaran bagi pencari kerja.

Sehingga lebih siap mental dan lebih percaya diri. Dan memiliki bekal yang cukup saat tes wawancara kerja nantinya. Demikian kiat wawancara kerja yang dapat disampaikan.

Pelajari dengan baik dan praktekkan kiat wawancara kerja. Tetaplah semangat dan jangan mudah menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© www.tipswawancarakerja.com