Home » Membuat Lamaran » Membuat Lamaran Kerja

Membuat Lamaran Kerja

Tips Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

By. tips wawancara kerja

Membuat Lamaran KerjaMembuat lamaran kerja merupakan salah satu yang paling dibutuhkan bagi orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Harap diingat bahwa penolakan kerja yang paling awal adalah dari penilaian lamaran kerja.

Sebuah lamaran kerja yang baik, akan memberikan penilaian lebih terhadap personalitas si pembuatnya.

Oleh karena itu, bagi sebagian orang yang kurang memiliki skill dalam membuat lamaran kerja, informasi mengenai tips membuat lamaran kerja, harus terus digali.

Untuk membuat lamaran kerja harus mengandung beberapa komponen berikut:

•    Informasi mengenai nama, alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi, dari pelamar tersebut.

•    Keterangan mengenai darimana informasi lowongan kerja tersebut didapat.

•    Informasi mengenai latar belakang profesi dan pengalaman kerja pelamar sesuai dengan posisi yang dibutuhkan

•    Kemampuan yang dimiliki pelamar. Berupa keahlian spesifik yang memang sesuai dengan posisi yang dilamar.

•    Kalimat penutup yang baik, misalnya menyatakan bahwa pelamar tertarik mengisi lowongan kerja yang tersedia.

•    Informasi kontak referensi

•    Daftar lampiran dokumen yang dibutuhkan atau dipersyaratkan.

Seringkali membuat sebuah lamaran kerja disepelekan. Berbagai tips membuat lamaran kerja kadang dianggap bualan belaka.

Padahal harap dicatat bahwa surat lamaran kerja bisa dikatakan sebagai suatu interview/wawancara dini, antara pelamar dengan perusahaan. Sehingga alangkah dibutuhkannya sebuah panduan, berupa berbagai tips membuat lamaran kerja.

Di bawah ini terdapat 8 tips membuat lamaran kerja yang baik

•    Tips membuat lamaran kerja yang pertama, adalah pergunakan format standar atau baku, yang berlaku saat ini. Lamaran kerja merupakan salah satu dokumen formal bagi perusahaan.

Tips membuat lamaran kerja yang pertama ini, didasarkan pada fakta, bahwa perusahaan akan menganggap serius niat pelamar, apabila menggunakan format yang profesional, dibandingkan dengan format kasual.

•    Tips membuat lamaran kerja yang kedua, adalah sertakan semua lampiran yang memang dipersyaratkan. Tips membuat lamaran kerja yang kedua ini, didasarkan pada fakta, bahwa pertimbangan perusahaan akan sangat ditentukan oleh kelengkapan berbagai informasi yang terkandung dalam dokumen terlampir yang dipersyaratkan.

•    Tips membuat lamaran kerja yang ketiga, adalah buatlah surat lamaran yang “menjual”. Presentasikan diri pelamar, sehingga menarik perhatian perusahaan. Jangan lupa pergunakan bahasa yang efektif.

Tips membuat lamaran kerja yang ketiga ini, didasarkan pada fakta, bahwa perusahaan tidak kenal dengan pelamar. Melalui tulisan itulah awalnya perusahaan berusaha mengenali pelamar. Inti surat lamaran kerja haruslah “menjual” pribadi anda. Jadikan surat lamaran kerja memberikan kesan pertama yang baik.

•    Tips membuat lamaran kerja yang keempat, adalah apabila pelamar akan mengirimkan lamaran kerja ke banyak perusahaan, jangan hanya membuat satu teks lamaran kerja saja untuk kemudian di foto copy.

Tips membuat lamaran kerja yang keempat ini, didasarkan pada fakta, bahwa tiap perusahaan memiliki selera dan karakteristik berbeda, posisi dan lowongan yang ditawarkan juga berbeda. Jadi buatlah satu jenis surat lamaran untuk satu perusahaan.

•    Tips membuat lamaran kerja yang kelima, adalah jangan pernah mencantumkan sesuatu yang negatif. Baik membeberkan kelemahan pelamar, ataupun memberi kesan bahwa pelamar kurang begitu tertarik dengan posisi yang ditawarkan.

Tips membuat lamaran kerja yang kelima ini, didasarkan pada fakta, bahwa setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja, mengharapkan untuk mendapat kualifikasi pegawai yang sesuai, serta memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi.

•    Tips membuat lamaran kerja yang keenam, adalah jangan pernah memberikan informasi yang tidak jujur mengenai diri pelamar.

Tips membuat lamaran kerja yang keenam ini, didasarkan pada fakta, bahwa walaupun mungkin perusahaan tertarik dengan kebohongan pelamar, pada saat interview pasti akan terbongkar.

•    Tips membuat lamaran kerja yang ketujuh, adalah jangan pernah terkesan memuji sendiri tentang salah satu kemampuan yang dimiliki.

Tips membuat lamaran kerja yang ketujuh ini, didasarkan pada fakta, bahwa yang berhak menilai apakah seorang pelamar memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan, adalah perusahaan itu sendiri.

Beberapa Tips Membuat Lamaran Kerja diatas harus dilakukan oleh pelamar jika akan melamar pekerjaan. Dan harus mempersiapkan dengan baik, agar hasil yang diterima akan baik pula.

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang 3 Langkah JITU MENULIS SURAT LAMARAN KERJA YANG PASTI DIBACA DAN TIDAK BISA DITOLAK Oleh PERUSAHAAN IMPIAN ANDA, kli disini membuat lamaran kerjala

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014