Membuat Lamaran Wawancara Kerja

Jurus Jitu Membuat Lamaran Wawancara Kerja

Membuat Lamaran Wawancara KerjaMembuat lamaran wawancara kerja bagi sebagian orang merupakan hal yang tidak mudah.

Ketakutan akan berbagai macam akibat apabila membuat lamaran wawancara kerja yang kurang baik menyebabkan orang ragu – ragu saat mengerjakannya.

Padahal pada banyak kasus penerimaan pegawai surat lamaran kerja hanya menjadi bahan pertimbangan semata.

Tapi tidak sedikit pula perusahaan yang masih menggunakan surat lamaran pekerjaan sebagai bahan acuan untuk memberikan kesempatan kepada pelamar untuk memasuki tahap seleksi selanjutnya.

Meskipun demikian akan lebih baik bagi si calon pelamar dalam membuat lamaran wawancara kerja sebaik mungkin agar semakin mendapat apresiasi dari bagian personalia atau HRD untuk kesempatan melaju ke tahap seleksi selanjutnya.

Tips Serta Langkah – Langkah Khusus Dalam Membuat Lamaran Wawancara Kerja

Hal pertama yang penting diperhatikan adalah kertas sebagi dasar penulisan surat lamaran.

Apabila jurus membuat lamaran wawancara kerja kertas yang dibutuhkan biasanya adalah kertas standar ukuran kwarto.

Pemilihan warna kertas juga berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. Tetapi alangkah baiknya apabila memilih kertas warna putih polos.

Gunakan pula tinta hitam yang masih bagus agar tulisan yang tercetak terlihat mantap.

Segi bahasa, pergunakan bahasa yang sesuai dengan apa yang ditentukan. Apabila posisi yang diincar membutuhkan adanya kemampuan bahasa asing yang mumpuni, menggunakan bahasa yang dimaksud jurus membuat lamaran wawancara kerja akan lebih memberikan kesan bahwa si pelamar ini memenuhi kualifikasi.

Namun apabila lowongan yang dimaksud tidak menentukan jenis bahasa khusus, maka menggunakan bahasa standar/bahasa Indonesia yang memenuhi standar ejaan yang baku sudahlah cukup.

Penting untuk diingat, jangan menggunakan singkatan – singkatan yang tidak perlu. Selain akan mengurangi penilaian, singkatan juga berkesan kekurang sopanan si penulis dalam jurus membuat lamaran wawancara kerja tersebut.

Penting dicatat! Gunakan kata – kata yang sekiranya bermakna sopan, tidak sok akrab akan tetapi mampu menunjukkan kualitas diri yang sesungguhnya.

Hindari pula pemilihan bahasa yang seronok dan penuh dengan tata bahasa yang sok gaul. Karena hal itu akan mengesankan bahwa si pelamar adalah orang yang “tidak terdidik”.

Saat membuat lamaran wawancara kerja, bedakan format surat yang digunakan pada saat itu dengan format surat yang baik.

Pola penulisan surat lamaran kerja sedikit berbeda dengan surat yang lain, maka berhati – hati akan lebih bijak daripada terjadi kesalahan yang berakibat buruk.

Tuliskan identitas seperti nama, alamat, pendidikan terakhir, tempat dan tanggal lahir, pengalaman atau posisi pekerjaan saat itu(apabila ada), sertifikat – sertifikat yang dilampirkan dengan jelas saat membuat lamaran wawancara kerja ini.

Usahakan pula bahwa tulisan yang anda gunakan mudah dibaca, tidak perlu tulisan yang bagus, akan tetapi jenis tulisan yang mudah dibaca akan membuat pihak personalia yang mengecek surat tersebut tidak malas membaca.

Sertakan lampiran – lampiran yang dibutuhkan. Pada saat anda membuat lamaran wawancara kerja, persiapkan dan sertakan lampiran – lampiran yang sekiranya dapat membantu tercapainya usaha anda dalam melamar.

Lampiran – lampiran yang biasa disiapkan pada saat membuat lamaran wawancara kerja tersebut antara lain, daftar riwayat hidup/CV, ijazah terakhir yang memenuhi standar kualifikasi yang dibutuhkan, foto – foto dan sertifikat – sertifikat yang menunjang kemampuan personal anda seperti sertifikat komputer, bahasa asing, serta penghargaan – penghargaan di bidang pekerjaan semisal sertifikat sebagai karyawan terbaik, dll.

Saat membuat lamaran wawancara kerja dan mempersiapkannya, usahakan agar lampiran yang dimasukkan tidak terlalu banyak.

Apabila lampiran yang disertakan terlalu banyak akan mengesankan adanya kesombongan pada diri si pelamar, kurang efisien bahkan pihak perusahaan akan beranggapan bahwa si pelamar menginginkan gaji yang tinggi.

Maka dari itu gunakan lampiran yang seperlunya saja. Saat selesai membuat lamaran wawancara kerja, dan anda siap untuk mengantarkannya ke tempat tujuan, persiapkan diri semaksimal mungkin.

Persiapan dalam membuat lamaran wawancara kerja antara lain hilangkan  rasa canggung, tunjukkan rasa percaya diri namun tetap sopan.

Namun perlu menjadi pertimbangan adalah, dalam melamar pekerjaan yang terpenting bukan hanya membuat lamaran wawancara kerja, akan tetapi pembawaan diri, tanggung jawab serta kemampuan dalam menjalankan pekerjaan yang didapat adalah kunci seseorang dalam mencapai kebahagiaan.

Membuat lamaran wawancara kerja itu mudah, namun menjalankan tanggung jawab yang diembankan adalah sesuatu yang berat.

Jangan khawatir, poin penting pertama adalah usahakan anda membuat lamaran wawancara kerja yang baik terlebih dahulu, lalu masukilah seleksi selanjutnya dengan keyakinan, setelah itu kerjakan apa yang menjadi pekerjaan anda dengan rasa tanggung jawab yang tinggi.

BACA JUGA :