Membuat Surat Lamaran Kerja

Tips – Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Membuat Surat Lamaran KerjaMembuat surat lamaran kerja adalah syarat mutlak bagi orang yang ingin mencari pekerjaan.

Ini adalah salah satu prasyarat yang harus disertakan saat seseorang ingin mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Akan tetapi terdapat hal – hal yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja ini karena hal pertama yang diseleksi oleh HRD ataupun pihak lain yang menerimanya.

Kesan pertama yang ditimbulkan oleh lamaran pekerjaan yang diserahkan akan menentukan langkah selanjutnya, misalnya, dengan surat lamaran yang baik, menarik serta memenuhi kaidah bahasa yang ditentukan akan membuat si pendaftar lolos untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Untuk itu ada beberapa langkah ataupun tips jitu yang dapat dilakukan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, serta menjadikannya senjata yang jitu untuk mendapat pekerjaan atau setidaknya dapat mengikuti seleksi yang selanjutnya.

Hal ini mudah untuk diterapkan dan dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran.

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Hal yang dapat anda lakukan dalam menulis atau membuat surat lamaran kerja adalah pilihlah kertas yang sesuai dengan ketentuan, misalnya folio, HVS 80 gr dsb tetapi kertas yang lazim digunakan adalah kertas ukuran kwarto.

Ini mengesankan bahwa anda benar – benar serius untuk bekerja. Ingat,  dalam membuat surat lamaran kerja jangan sekali – kali menggunakan kertas yang berwarna – warni, usahakan menggunakan kertas polos warna putih karena akan memberikan kesan profesionalitas.

Perhatikan jenis kertas yang mau digunakan,  saat ingin membuat surat lamaran kerja gunakan kertas dengan kualitas yang standard saja, kecuali anda mengincar posisi tinggi di tempat tersebut maka kertas Concorde dapat digunakan untuk mengesankan maskulin.

Selalu gunakan tinta hitam dalam membuat surat lamaran kerja anda karena itu bersifat resmi. Buat surat lamaran anda secukupnya, jangan terlalu singkat ataupun panjang.

Satu halaman kertas sudah cukup untuk anda menjabarkan maksud serta tujuan anda.

Dalam menuliskan kalimat dalam membuat surat lamaran kerja jangan menggunakan kata – kata yang arogan apalagi yang bernada ancaman, tetapi gunakan kaidah berbahasa yang baik, akan tetapi menunjukkan kualitas serta rasa percaya diri serta tidak terlalu banyak mengumbar.

Gunakan pula bahasa yang mudah dipahami serta menggunakan ejaan yang baik.

Gunakan format surat lamaran yang benar, jangan menulis atau membuat surat lamaran kerja dengan format yang asal – asalan, tunjukkan bahwa anda termasuk orang yang rapi karena format yang amburadul akan mengesankan bahwa diri anda adalah orang yang kurang rapi.

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik tentu saja harus mempertimbangkan isi dari surat tersebut.

Beberapa hal yang patut anda tuliskan pada saat anda membuat surat lamaran kerja antara lain, pembukaan; cantumkan tempat dimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan yang dimaksud misalnya dari media massa, internet, radio, dsb.

Cantumkan pula riwayat pendidikan anda saat membuat surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup memang telah menuliskan secara rinci mengenai riwayat pendidikan anda akan tetapi anda juga perlu menuliskan secara singkat.

Apabila anda masih menekuni suatu pekerjaan, cantumkan pula jenis pekerjaan anda saat itu. Berikan penjelasan singkat tentang apa yang telah anda capai dalam pekerjaan anda tersebut.

Ingat, dalam membuat surat lamaran kerja, jangan terlalu sering menggunakan singkatan yang tidak perlu, misalnya “dengan” menjadi “dgn”, “dapat” menjadi “dpt” dan lain sebagainya.

Perlu diketahui pula bahwa dalam membuat surat lamaran kerja juga harus mempersiapkan lampiran yang dibutuhkan.

Lampiran – lampiran yang dibutuhkan dalam lamaran kerja antara lain Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir, sertifikat – sertifikat yang dapat membantu diterimanya anda sebagai karyawan.

Jangan terlalu banyak melampirkan sertifikat – sertifikat yang tidak perlu, itu hanya akan menambah tebal namun tidak membantu keinginan anda untuk diterima bekerja.

Tips – tips jitu di atas dapat anda terapkan apabila anda ingin membuat surat lamaran kerja. Lamaran yang anda buat menjadi langkah pertama anda dalam menjajaki dunia penerimaan kerja.

Membuat surat lamaran kerja yang baik memang penting namun yang paling penting dalam melamar suatu pekerjaan bukanlah membuat surat pekerjaan itu akan tetapi bagaimana sikap anda serta kecakapan anda dalam menjalani pekerjaan yang ada.

Semoga tips membuat surat lamaran kerja ini dapat membantu anda mencapai kesuksesan seperti yang anda inginkan.

BACA JUGA :