Home » Tips Wawancara » Menghadapi Wawancara

Menghadapi Wawancara

>Kiat Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Menghadapi WawancaraMenghadapi wawancara adalah hal yang paling banyak ditunggu-tunggu para pelamar kerja.

Inilah saat yang paling menentukan masa depan mereka.

Setiap kesan pertama baik cara mereka berbicara, berpakaian, body language maupun cara menjawab setiap pertanyaan wawancara kerja tersebut merupakan nilai rapor yang harus mereka usahakan sebaik mungkin.

Untuk itu, seorang pelamar kerja harus dengan sungguh-sungguh mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancarakerja.

Usahakan agar anda dapat menunjukkan tanggapan dan respon yang penuh kesan, tegas, dan meyakinkan dalam menghadapai wawancara. Hal ini sangat penting untuk menarik hati para pewawancara.

Setiap pelamar pasti memiliki harapan yang besar untuk dapat diterima bekerja di perusahaan tersebut, tetapi mereka juga harus memberikan timbal balik yang berupa kualitas diri, pribadi serta skill yang baik.

Hal ini untuk membuktikan bahwa anda layak mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan.
Ada beberapa perusahaan  yang memiliki kriteria mereka sendiri termasuk dalam menghadapi wawancara kerja.

Dalam beberapa kasus pewawancara memberikan pertanyaan yang sulit yang membutuhkan jawaban kritis dari pelamar. Ini untuk meyakinkan apakah pelamar tersebut memenuhi syarat untuk diterima atau tidak. Maka dari itu pelamar harus mengetahui tips penting yang harus dilakukan dalam menghadapi wawancara.

Berikut Beberapa Tips Penting Dalam Menghadapi Wawancara Kerja

1. Dalam menghadapi wawancara harus memiliki sikap yang tenang, penuh percaya diri, serta tidak menunjukkan kesan bahwa kemungkinan kita tidak bisa menjawab.

Tampilkan rona muka yang penuh keyakinan tanpa menunjukkannya secara berlebihan.

2. Jabatlah tangan pewawancara dengan hangat. Dalam menghadapi wawancara kerja jangan duduk terlebih dahulu sebelum si pewawancara mempersilakan anda duduk.

3. Selama menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan lugas, tenang, lengkap dan tepat pada apa yang ditanyakan.

Jangan berbelok-belok atau terlalu berbasa-basi dalam menghadapi wawancara. Jawablah pertanyaaan dari pewawancara dengan penuh keyakinan dan percaya diri.

Tataplah mata pewancara, dan jawablah semua pertanyaan yang ia berikan dengan perasaan tenang. Ingat bahwa di kantor tidak ada yang  sempurna dan baik.

4. Dalam menghadapi wawancara harus mengenakan pakaian yang sopan dan rapi. Kerapian dan cara pembawaan diri seseorang bagaikan ‘cinta pada pandangan pertama’.

Ketika pewawancara melihat bagaimana anda berpakaian serta membawakan diri begitu luwes, itu sudah merupakan nilai lebih serta deposit anda untuk masuk ke babak selanjutnya.

5. Kenali perusahaan tempat anda melamar pekerjaan tersebut. Ada kalanya pewawancara memberikan pertanyaan mengenai profil perusahaan untuk menguji keseriusan anda.

Dalam menghadapi wawancara kerja teknologi sekarang ini sangat memungkinkan anda untuk mencari informasi tentang perusahaan tersebut, terutama melalui internet.

Misalnya anda tidak memiliki koneksi sendiri di rumah, anda bisa mencarinya di warnet terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

Persiapan dalam menghadapi wawancara kerja yang lain yaitu jawab setiap pertanyaan dengan jujur dan apa adanya.

Kebohongan ataupun menyembunyikan hal tertentu hanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari ketika anda sudah diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Seharusnya, yang menjadi pemikiran dan pertimbangan anda bukan soal diterima atau tidak diterima., tetapi lebih ke bagaimana anda menghadapi wawancara dan menjalani sesi tersebut sebaik mungkin .

Sekalipun masih ada kekurangan, anda yakin bahwa anda telah melakukan yang terbaik dalam menghadapi wawancara.

Ucapkan terima kasih kepada pewawancara karena bagaimanapun, penghargaan akan diberikan kepada para pelamar yang menjawab pertanyaan dengan tepat dan tidak mengurangi  penghargaan darinya mengenai wawancara tersebut.

Satu hal yang penting dalam menghadapi wawancara kerja : jadilah diri anda sendiri.

Memaksakan diri untuk menjadi orang lain dengan harapan memberikan kesan yang berbeda karena perubahan penampilan dan gaya anda yang mendadak, tidak akan memberikan nilai plus dalam menghadapi wawancara.

Sebaliknya, menjadi diri sendiri itu kunci sukses seseorang. Semua yang anda lakukan akan keluar dari hati dan seorang pewawancara bisa menilai serta menentukan yang terbaik.

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014
Artikel Yang Banyak Dibaca Hari Iniclose