Menulis Surat Lamaran Kerja

Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Komunikatif

by. tips wawancara kerja

Menulis Surat Lamaran KerjaMenulis surat lamaran kerja yang baik dan komunikatif menjadi sebuah kewajiban yang tidak terelakkan bagi pencari kerja.

Tujuan menulis surat lamaran kerja yang baik dan komunikatif adalah untuk menarik perhatian penawar kerja yang pada akhirnya berimplikasi positif pada pencari kerja tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan komunikatif, yaitu dibagi menjadi beberapa tahap: sebelum menulis surat lamaran kerja, saat menulis surat lamaran kerja, serta setelah menulis surat lamaran kerja.

Tiga hal yang wajib diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja buat para pencari kerja

* Langkah pertama, yaitu sebelum menulis surat lamaran kerja.

Pencari kerja atau pelamar perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum menulis surat lamaran kerja, di antaranya: mempersiapkan alat-alat tulis dan kertas dengan komplit dan lengkap, menyiapkan dokumen-dokumen yang menunjang, serta menulis surat lamaran kerja dengan waktu yang tepat.

Pada intinya langkah pertama ini merupakan tahap persiapan, dimana pelamar atau pencari kerja harus benar-benar mempersiapkan mulai dari a sampai z.

Mulai dari hal-hal yang terlihat sepele seperti kertas putih bersih dan alat tulis hingga dokumen-dokumen penunjang, seperti ijazah atau sertifikat.

Seringkali hal-hal tersebut tidak diperhatikan oleh para pencari kerja karena dianggap bukan sesuatu yang penting, pahadal hal tersebut meski terlihat sepele merupakan suatu hal yang sangat penting.

Mengenai masalah waktu penulisan surat lamaran kerja juga sangat penting. Menulis surat lamaran kerja harus di waktu dan situasi yang baik dan kondusif. Untuk menghasilkan sesuatu yang baik kita harus memilih situasi dan waktu yang tepat bukan.

Misalnya saja tidak pada saat kita merasa capek dan kurang konsentrasi atau pada saat kondisi di lingkungan sekitar sedang tidak menyenangkan. Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik hal tersebut perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal.

Sebagai pelamar, kita bisa menulis surat lamaran kerja pada pagi hari sebelum Subuh, pada saat suasana sedang sepi dan konsentrasi kita sedang berada dalam puncaknya.

Tentu saja hal tersebut akan memaksimalkan hasilnya dalam upaya menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

* Langkah kedua dalam menulis surat lamaran kerja yang baik adalah: menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, menggunakan bahasa resmi, menggunakan bahasa yang singkat jelas dan padat, memperhatikan halaman surat lamaran pekerjaan, menyertakan curriculum vitae, menggunakan tulisan tangan yang rapi dan jelas, serta menyertakan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Surat lamaran kerja bersifat resmi, sehingga pelamar wajib dan mutlak menggunakan bahasa resmi dan bukan bahasa gaul yang biasa dipakai sehari-hari. Pelamar juga perlu memperhatikan ejaan dalam menulis surat lamaran kerja.

Jangan sampai pelamar menggunakan bahasa yang acak-acakan. Dalam hal penyampaian surat lamaran kerja, sebaiknya pelamar menggunakan gaya bahasa yang singkat dan jelas namun tetap tidak mengurangi nilai kepadatan dan keakuratan dari surat lamaran kerja tersebut.

Bahasa yang terlalu bertele-tele dan panjang tidak akan menarik bagi penawar kerja. Hal ini berlaku pula dalam menampilkan resume atau curriculum vitae, pelamar sebaiknya menyampaikan informasi-informasi penting tentang dirinya secara singkat jelas dan padat.

Hal-hal tersebut merupakan hal- hal inti yang tidak bisa diremehkan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik. Bila pelamar menganggap enteng, misalnya dengan menggunakan bahasa gaul atau bahasa sehari-hari dan bukan bahasa resmi, maka bisa dipastikan bahwa pelamar tersebut akan kehilangan kesempatan untuk bekerja di perusahaan di mana dia     inginkan tersebut.

Oleh sebab itu penting sekali bagi pelamar untuk memperhatikan bagian ini dalam menulis surat lamaran kerja yang baik.

* Bagian ketiga atau bagian terakhir dalam menulis surat lamaran kerja yang baik adalah pengecekan kembali.

Hal ini juga penting untuk dilakukan oleh pelamar kerja sesaat setelah dia menulis surat lamaran kerja. Banyak pelamar yang merasa bahwa surat lamaran kerja yang ia tulis sudah sempurna, sehingga mereka lupa atau bahkan sengaja untuk tidak mengecek ulang.

Akibatnya, bila ada hal-hal yang belum dicantumkan atau ada ketidakcocokan antara apa yang pelamar tulis dengan berkas-berkas yang dilampirkan, hal tersebut akan mempengaruhi penilaian penawar kerja untuk menerima pelamar kerja tersebut.

Mungkin penawar kerja akan berpikir bahwa pelamar kerja belum-belum sudah sembrono dan tidak teliti, maka bagaimana mungkin penawar kerja akan mempekerjakan orang-orang seperti itu. Itulah pentingnya pengecekan kembali dalam menulis surat lamaran kerja yang baik.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja

Hal lain yang kadang juga dilupakan dalam menulis surat lamaran kerja  adalah pengecekan tanggal batas pengiriman.

Jangan sampai pelamar sudah susah-susah menulis surat lamaran kerja dengan baik, namun pada akhirnya gagal hanya karena masalah sepele yaitu masalah batas tanggal pengiriman yang sudah kadaluwarsa.

Itulah beberapa tips yang bisa diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja. Intinya pelamar kerja harus teliti dalam menulis surat lamaran kerja, mulai dari awal hingga akhir sehingga bisa menghasilkan hasil yang optimal dalam menulis surat lamaran kerja.

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang Bagaimana Cara Anda Lolos Wawancara dan DITERIMA Kerja Di Perusahaan IMPIAN ANDA seperti ASTRA Tbk, UNILEVER, INDOSAT, BERBAGAI BANK SWASTA NASIONAL, BUMN, dll Walaupun Jika Anda Hanya Punya Waktu Kurang Dari 24 jam Untuk Mempersiapkan Diri, klik disini menulis surat lamaran kerja

BACA JUGA :