Pertanyaan Interview Wawancara

Pelajari Pertanyaan Interview Wawancara Kerja

Pertanyaan Interview WawancaraPertanyaan interview wawancara kerja terkadang membuat orang atau si pelamar terjebak ataupun kebingungan, atau yang paling parah tidak tahu harus menjawab apa.

Hal ini seringkali yang menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima ataukah menolak anda.

Maka, jangan sampai hal ini terjadi kepada diri anda hanya karena hal yang sepele namun penting semacam ini.

Maka dari itu anda perlu tahu paling tidak gambaran akan pertanyaan interview wawancara kerja apa yang biasa diajukan oleh pewawancara.

Hal pertama yang menjadi topik dalam pertanyaan interview wawancara kerja biasanya mengacu pada identitas diri anda.

Dalam hal ini ceritakan sedetil – detilnya mengenai diri anda sesuai dengan apa yang anda tulis dalam surat lamaran kerja serta daftar riwayat hidup.

Ceritakan mengenai riwayat pendidikan anda, pengalaman kerja anda serta perusahaanya, posisi yang anda tempati.

Serta penghargaan – penghargaan apa saja yang pernah anda raih selama menempuh pendidikan(tentu saja yang relevan), serta penghargaan – penghargaan yang anda raih selama anda bekerja. Pertanyaan interview wawancara kerja ini biasanya diajukan pertama kali.

Pertanyaan interview wawancara kerja berkisar seputar perusahaan yang anda lamar. Pertanyaan interview wawancara kerja ini secara tidak langsung meminta anda untuk menjelaskan apa yang anda tahu mengenai seluk beluk perusahaan tersebut.

Baik mengenai sejarah, kantornya, produk – produk yang dihasilkan serta berbagai macam tetek bengek lain mengenai perusahaan yang anda lamar.

Maka dari itu sebisa mungkin cari tahu terlebih dahulu mengenai hal tersebut sebelum anda melangkah di meja wawancara.

Jangan sampai anda berlagak sok tahu, cukup jawab seperlunya saja dan jangan memberikan jawaban yang berkesan negatif, seperti mencela.

Pertanyaan interview wawancara kerja ini bertujuan untuk menguji seberapa tahu anda mengenai perusahaan tersebut.

Kemudian anda akan diberikan pertanyaan interview wawancara kerja semacam ini, “Mengapa kami harus merekrut anda?”

Untuk menjawab pertanyaan interview wawancara kerja ini anda cukup dengan memberitahukan kemampuan serta keunggulan anda yang sekiranya dapat memajukan perusahaan tersebut.

Ingat! Jangan sombong! Berikan saja keunggulan anda.

Pertanyaan interview wawancara kerja selanjutnya mungkin anda ditanya mengenai definisi posisi yang anda incar.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan interview wawancara kerja  macam ini adalah jelaskan mengenai posisi yang anda inginkan serta tugas dan tanggung jawabnya dalam perusahaan.

Mempertanyakan apa yang anda cari dalam bekerja juga lazim ditanyakan dalam daftar pertanyaan interview wawancara kerja, jawab saja pertanyaan ini dengan sebaik mungkin tanpa mengungkit – ungkit permasalahan keuangan yang anda hadapi.

Kalau anda diberikan pertanyaan interview wawancara kerja yang menyebutkan bahwa anda terlalu sempurna bagi perusahaan tersebut, anda harus berhati – hati dalam menjawabnya.

Jawab dengan sikap tenang dan menunjukkan sikap kerendah hatian, jangan anda panik, katakan saja bahwa anda bersedia bekerja di tempat itu dan tetapi tentu saja membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi.

Pertanyaan Interview Wawancara Kerja Yang Menjebak

Pertanyaan interview wawancara kerja yang bersifat jebakan yang sering diajukan adalah mengenai gaji yang anda minta.

Anda jawab pertanyaan interview wawancara kerja ini dengan gaji yang memang menjadi standar bagi posisi yang anda inginkan, atau anda dapat bertanya balik kepada pewawancara mengenai standar gaji di perusahaan tersebut.

Jangan pernah menjual diri anda terlalu tinggi apabila anda memang memiliki pengalaman serta kemampuan yang memadai.

Pewawancara juga biasa menyiapkan pertanyaan interview wawancarakerja mengenai bos, atau pun tempat anda terdahulu, mengapa anda keluar, dsb.

Jawab pertanyaan ini sebisa mungkin dengan menggunakan jawaban yang positif. Jangan anda menjelek – jelekkan pekerjaan atau bos anda terdahulu karena mungkin perusahaan tersebut akan mempertimbangkan dua kali untuk menerima anda karena takut anda akan mengulangi kesalahan yang sama.

Pewawancara juga biasanya menanyakan tentang motivasi anda melamar bekerja di tempat tersebut, apabila anda menemui pertanyaan wawancara kerja semacam ini jawab dengan nada positif serta menyanjung prestasi perusahaan itu tanpa menjelekkan perusahaan yang terdahulu.

BACA JUGA :