Rahasia Wawancara Kerja

Pelajari Rahasia Wawancara Kerja Yang Sukses

tips Wawancara KerjaSalah satu kunci sukses dalam meraih sebuah pekerjaan adalah dengan melewati tes wawancara kerja dengan baik.

Pada dasarnya, seluruh pertanyaan yang diajukan kepada anda selama wawancara kerja itu sama persis dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada calon-calon karyawan lain. Yang membedakan adalah jawaban dari masing-masing calon karyawan.

Berikut ini ada beberapa rahasia wawancara kerja yang bisa anda praktekkan.

1. Rahasia wawancara kerja yang pertama adalah kreatif dalam menjawab semua pertanyaan. Ada beberapa pertanyaan yang memang dirancang untuk mengetahui sejauh mana kreatifitas anda.

Contoh pertanyaan untuk menguji kreatifitas anda adalah:

Bagaimana cara anda mendapatkan pelanggan?

Bagaimana cara anda dalam menghadapi klien yang rewel?

Bagaimana solusi anda jika mendapatkan masalah dalam pekerjaan?

Jika anda menghadapi pertanyaan-pertanyan tersebut, usahakan kemukakan pendapat yang menunjukan inisiatif dan kreatifitas anda dalam menyelesaikan masalah namun jangan menjawab dengan hal-hal yang terlalu mengada-ada.

2. Datanglah setengah jam sebelum wawancara dimulai. Jika anda tidak diminta untuk memakai pakaian tertentu, pakai saja pakaian formal yang bersih dan rapi.

3. Simpan dahulu semua aksesori yang anda pakai seperti gelang, anting, atau kalung. Perhatikan juga potongan rambut anda. Untuk para wanita, cukup kuncir ranbut anda sehingga tidak berantakan.

Bagi para pria, rapikan jika rambut anda mulai terlalu panjang.

4. Bersikaplah ramah kepada pewawancara. Tersenyumlah kepadanya dan jabat tangan si pewawancara. Hal ini untuk memberikan kesan pertama yang baik.

5. Rahasia wawancara kerja yang terakhir adalah jangan alihkan fokus anda dari si pewawancara.

Anda harus menunjukkan perhatian penuh kepada setiap pertanyaan yang diberikan kepada anda.

Lakukan kontak mata ketika menjawab pertanyaan untuk menunjukan kepercayaan diri anda dan ingat dengan baik nama pewawancara.

BACA JUGA :