Saat Wawancara Kerja, HRD Akan Bersemangat Jika Anda Berbusana Seperti Ini

Menggunakan busana yang pantas saat wawancara kerja merupakan hal penting yang perlu menjadi perhatian Anda. Tentunya Anda tidak ingin menghancurkan kesempatan Anda untuk lulus tes wawancara hanya karena Anda salah menggunakan kostum. Menggunakan busana yang pantas dan tepat juga akan menjadikan Anda lebih percaya diri.

Wawancara Kerja HRDBerikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih busana.

1. Kenali jenis perusahaan

Hal pertama yang harus Anda kenali adalah jenis dan gaya perusahaan yang Anda lamar. Jika Anda melamar di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, jasa konsultan, dan sejenisnya, maka sebaiknya Anda menggunakan pakaian dengan gaya yang lebih konservatif.

Sebaliknya, jika Anda melamar pada perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, media hiburan dan gaya hidup, serta bidang sejenisnya, maka Anda dapa menggunakan busana yang modern, trendi, tetapi tetap sopan. Jenis busana Anda juga terkadang bergantung pada posisi yang Anda lamar.

Busana yang paling familiar dan sering digunakan adalah kemeja putih dan bawahan celana atau rok hitam. Namun, jika pihak perusahaan hanya menginformasikan untuk menggunakan busana yang rapi dan sopan, maka Anda dapat menggunakan busana yang nyaman untuk Anda pakai. Sebaiknya gunakan perpaduan warna yang lembut dan gelap, dan hindari memilih warna yang mencolok.

2. Jangan berbusana ketat dan terbuka.

Hindari untuk memperlihatkan kulit Anda terlalu banyak. Dalam artian, Anda seharusnya tidak menunjukkan bagian-bagain tertentu yang tidak pantas untuk dilihat.

Hindari juga menggunakan busana yang terlalu ketat. Berbusana terlalu ketat akan terlihat tidak sopan dan tidak sedap dipandang apalagi bagi Anda yang bertubuh gemuk. Sebaiknya, pilih dan cocokkan busana yang akan digunakan di hari sebelum wawancara kerja untuk memastikan busana yang Anda pilih nyaman dan pantas untuk digunakan.

3. Pilih sepatu dan tas yang tepat

Gunakan sepatu tertutup, bukan setengah tertutup, apalagi menggunakan sandal. Pemilihan sepatu juga brpengaruh besar terhadap penampilan Anda.

Jangan menggunakan sepatu yang berhak terlalu tinggi karena akan terlihat terlalu berlebihan. Selanjutnya, dalam pemilihan tas, pilihlah tas yang bisa menampung barang-barang yang Anda bawa, dan terlihat elegan saat dibawa.

Setelah Anda memilih busana dan barang-barang yang akan Anda pakai dengan tepat, diharapkan Anda bisa lebih percaya diri dan lulus dalam tes tersebut.

BACA JUGA :