Siap-Siap Anda Gagal Jika Melakukan 3 Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Anda pernah gagal dan dinyatakan tidak lulus dalam suatu tes wawancara kerja? Banyak hal yang mungkin menjadi faktor kegagalan Anda dalam tes yang satu ini. Kebanyakan orang mungkin mengalami kegagalan karena melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal.

Saat WawancaraPadahal, jika Anda mempersiapkan diri dengan baik tentu Anda tidak perlu terjebak dalam kesalahan ini. Kesalahan berikut ini mungkin terlihat sepele, tetapi sangat berpengaruh pada penilaian.

1. Datang terlambat

Ini merupakan kesalahan yang cukup fatal. Kebanyakan orang mungkin sering melakukan kesalahan ini. Perlu Anda ketahui bahwa jam kehadiran Anda akan mencirikan siapa Anda.

Penting bagi Anda untuk hadir tepat waktu untuk menunjukkan seberapa besar Anda menghargai waktu dan bersemangat terhadap kesempatan yang diberikan kepada Anda untuk wawancara kerja.

Sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang akan membuat Anda terlambat, misalnya seperti macet dan tersasar. Pastikan Anda mengetahui lokasi wawancara kerja dengan benar, karena tersasar akan sangat membuang waktu Anda. Usahakanlah untuk hadir sepuluh menit sebelum waktu wawancara dimulai.

2. Dering Ponsel

Lupa mematikan ponsel ketika wawancara berlangsung akan berakibat berderingnya ponsel Anda secara tiba-tiba karena panggilan tertentu. Hal ini tentu menjadi hal yang tidak nyaman dan mengganggu.

Anda harus pastikan segala hal berjalan dengan baik dengan menghindari sesuatu yang akan mengganggu jalannya proses wawancara kerja. Matikan ponsel Anda atau sebaiknya Anda cek dering ponsel dan set dalam keadaan diam. Kesalahan ini memang terlihat sepele, tetapi Anda bisa dianggap kurang menghargai dan menghormati orang lain.

3. Menguap, bersendawa, dan bunyi perut

Adakalanya Anda terlalu cemas menghadapi tes wawancara kerja yang akan berlangsung sehingga Anda tidak bisa tidur, bahkan tidak bernafsu makan. Ini tentu akan membuat Anda mengantuk dan tidak bertenaga.

Bisa saja karena menahan kantuk Anda tiba-tiba menguap ketika wawancara tengah berlangsung, atau mungkin perut Anda keroncongan karena kelaparan.

Ini adalah kesalahan yang memang terlihat konyol, tetapi akan merusak citra Anda. Makan terlalu banyak sebelum wawancara juga tidak baik karena akan menyebabkan Anda bersendawa sehingga dianggap kurang sopan. Untuk itu, makanlah secukupnya sebelum wawancara dan istirahat yang cukup di hari sebelumnya.

BACA JUGA :