Surat Lamaran Kerja

Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran KerjaSurat lamaran kerja kadangkala bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan, apalagi bagi mereka yang belum pernah membuat surat lamaran kerja sebelumnya.

Bagi mereka yang berpengalaman mungkin membuat surat lamaran kerja juga bukan hal yang mudah.

Oleh karena itu, anda bijaknya memperhatikan hal-hal yang memberikan dampak ketika anda membuat surat lamaran kerja.

Perlu diingat bahwa semakin baik surat lamaran kerja yang anda buat maka peluang anda untuk mendapatkan posisi yang anda inginkan juga semakin besar.

Beberapa Hal Yang Sebaiknya Anda Ketahui Sebelum Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Hal pertama yang bisa jadi patokan adalah surat lamaran kerja dipandang banyak perusahaan sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran yang anda kirimkan.

Apabila anda berencana untuk mengirimkan lamaran ke beberapa perusahaan pastikan dengan pasti bahwa anda menuliskan nama seluruh perusahaan tersebut dengan baik dan benar pada saat membuat surat lamaran kerja.

Perhatikan huruf kapital yang mungkin harus dibubuhkan pada nama perusahaan mengingat hal tersebut cukup sensitif.

Dan selanjutnya, bila anda membuat surat lamaran kerja yang ditujukan kepada seseorang tertentu pastikan anda menulis nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin.

Sekali lagi, perhatikan tanda baca dan huruf kapital yang mungkin harus dicantumkan.

Ingat bahwa dalam surat yang ditujukan kepada seorang perempuan, jika anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. dan diikuti dengan nama yang relevan.

Kadang hal tersebut memang terlihat sepele namun memberikan dampak yang cukup besar.

2. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja adalah jangan bertele-tele.

Usahakan surat lamaran kerja yang anda buat adalah sebuah surat yang singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan usahakan untuk mengikuti aturan bahasa baku.

Hindari penggunaan singkatan dan bahasa-bahasa ‘gaul’ karena hal tersebut kadang tidak diinginkan oleh si pemberi kerja.

Penggunaan kata-kata sulit bukanlah suatu yang haram, namun berusaha untuk membuat pembaca surat terkesan adalah suatu hal yang tidak terlalu diperlukan.

Ingat untuk tidak membuat surat lamaran kerja lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan, puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan surat lamaran kerja. Surat lamaran yang terlampau terlalu panjang tidak efektif.

Sedapat-dapatnya gunakanlah program komputer untuk membuat surat lamaran kerja. Dengan begitu anda dapat membuat surat lamaran kerja dengan rapi, bersih, dan teratur sehingga mudah dibaca.

Membuat surat lamaran kerja dengan tangan juga bukanlah hal yang haram. Anda bisa saja menulisnya dengan tangan namun usahakan untuk sesempurna mungkin dan berusahalah sekeras mungkin untuk menghindari kesalahan penulisan, apalagi penggunaan Tip-ex.

Hal tersebut akan membuat surat lamaran kerja anda terkesan tidak rapi seindah apapun isinya. Kesan pertama atas surat lamaran kerja hendaknya kesan yang baik.

Hal Penting Yang Wajib Dituliskan Dalam Surat Lamaran Kerja

Hal pertama adalah pembukaan. Biasanya, dalam pembukaan anda dapat menuliskan mengenai dimana anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang bersangkutan.

Selain itu, anda mungkin lebih baik menceritakan secara singkat dan jelas posisi dan bidang pekerjaan anda sesaat membuat surat lamaran kerja.

Lebih baik lagi anda menceritakan target dan tujuan utama dari pekerjaan anda yang sedang berlangsung untuk memberikan kesan tersendiri bagi diri anda di samping pesaing-pesaing anda yang sedemikian banyaknya.

Bagian berikutnya yang tidak kalah penting adalah pendidikan. Hal inilah yang biasa jadi penekanan tersendiri.

Jika latar belakang perlu dibubuhkan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi anda diikuti dengan pendidikan-pendidikan yang telah anda lampaui sebelumnya.

Tidak perlu bertele-tele dalam memaparkan sejarah pendidikan anda. Kemudian, hal terakhir adalah penutup.

Dalam penutup, ingatkan dan yakinkan si pembaca surat lamaran bahwa anda mempunyai keinginan yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Jangan lupa bubuhi tanda tangan serta tanggal surat lamaran kerja dibuat.

BACA JUGA :