Tes Wawancara Kerja

Tuesday, May 1st 2012. | Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja

Persiapan Tes Wawancara Kerja

Tes Wawancara KerjaWawancara merupakan tahap akhir yang harus dilalui oleh setiap orang yang mengikuti tes wawancara kerja.

Selama ini banyak orang yang mengalami kegagalan pada saat tes wawancara kerja. Kurangnya persiapan menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan seseorang menjadi gagal untuk mengikuti tes wawancara kerja.

Sungguh suatu kejadian yang tidak diinginkan oleh siapapun, apalagi bila pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan idaman yang didamba-dambakan.

Sehingga banyak asumsi yang mengatakan bahwa tes wawancara kerja merupakan tes yang ditakuti oleh sebagian besar para pencari kerja.

Sebagai pencari kerja yang mendambakan sebuah pekerjaan idaman dan sudah hampir meraihnya tentunya tidak ingin bila harus mengalami kegagalan karena tidak bisa melewati tes wawancara kerja.

Gagal di bagian akhir pada saat tes wawancara kerja, padahal impian serta harapan sudah berada di atas awan, adalah sebuah sesuatu yang sangat menyakitkan.

Sebelum hal tersebut terjadi, maka sebagai pencari kerja yang sudah memasuki tahap tes wawancara kerja wajib melakukan persiapan-persiapan sebelum tes wawancara kerja itu dihadapi.

Langkah Sukses Yang Harus Dilakukan Sebelum Tes Wawancara Kerja

1.    Persiapkan materi yang sekiranya ada kemungkinan untuk ditanyakan sebaik mungkin.

Tentunya hal tersebut ditentukan dengan posisi yang akan kita inginkan. Misalnya kita melamar pada posisi marketing atau pemasaran.

Maka kita harus mempersiapkan materi-materi yang mungkin akan ditanyakan pada saat tes wawancara kerja yang berhubungan dengan pemasaran.

Hal tersebut sebagai bekal untuk menunjukkan bahwa kemampuan intelektual di bidang yang akan kita hadapi tersebut sudah cukup.

2.    Mempersiapkan mental sebaik mungkin.

Kebanyakan para pelamar atau pencari kerja mengalami tingkat stress dan tekanan yang tinggi pada saat akan melalui tes wawancara kerja.

Mereka merasa tidak percaya diri dan tidak mampu untuk melewati tes wawancara kerja. Padahal kita adalah apa yang kita pikirkan, begitu kata sebuah pepatah.

Maka, bila kita merasa diri kita tidak percaya diri, kita pun akan digiring untuk tidak percaya diri dan pada akhinya akan gagal.

Begitu pula sebaliknya, bila kita yakinkan diri kita sendiri untuk percaya diri dan yakin dengan apa yang akan terjadi pada saat tes wawancara kerja, maka hal tersebut akan sangat membantu kita dalam menjawab tes wawancara kerja secara optimal.

3.    Meyakinkan diri bahwa “berjuang keras itu wajib namun masalah hasil adalah di luar kuasa kita”.

Dengan memiliki motto tersebut seorang pelamar kerja tidak akan terbebani untuk harus diterima di perusahaan yang ia dambakan tersebut.

Fokus dia bukanlah untuk diterima kerja, namun berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik termasuk pada saat tes wawancara kerja.

Bila yang kita fokuskan adalah diterima kerja, maka kita akan lupa bahwa untuk diterima kerja diperlukan usaha maksimal dari kita. Bisa jadi kita akan berangan-angan terlalu tinggi dan malah lupa berusaha.

Namun bila yang kita fokuskan adalah berusaha sekuat tenaga memberikan apa yang kita bisa, maka justru tujuan akhir tersebut akan bisa kita raih dengan hasil yang sempurna. Dan kita pun bisa melewati tes demi tes termasuk tes wawancara kerja.

Tips Berpenampilan Yang Baik Pada Saat Tes Wawancara Kerja

Penampilan pada saat tes wawancara bukanlah suatu hal yang penting, namun penampilan adalah sesuatu yang akan dilihat pertama kali oleh orang lain. Bila penampilan kita acak-acakan itu artinya kepribadian kita tidak jauh beda dengan apa yang kita tampilkan.

Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk memperhatikan penampilan kita yang baik, sopan, serta rapi dan tidak terlalu berlebihan sebelum melaksanakan tes wawancara kerja.

Beberapa persiapan di atas adalah sesuatu yang mungkin bisa dilakukan sebelum menjalani tes wawancara kerja.

Bagaimanapun juga tes wawancara kerja adalah sesuatu yang akan dilewati oleh setiap pencari kerja, sehingga merupakan hal yang wajib bila setiap pelamar atau para pencari kerja memberikan yang terbaik pada saat menjalani tes wawancara kerja.

BACA JUGA :