Home » Trik Interview Kerja » Tips Interview Kerja

Tips Interview Kerja

>Tips Praktis Interview Kerja

tips interview kerjaTips interview kerja adalah salah satu dari sekian proses seleksi yang harus dilalui hampir semua orang ketika akan melamar pekerjaan.

Bingung mengingat tips interview kerja yang praktis-praktis?
Gampang kok!

Begini ya, ada yang merasa belajar tentang tips interview kerja adalah hal gampang, namun kebanyakan merasa susah dan takut jika gugup.

Memang benar sekali, ketika anda membaca beberapa tips interview kerja harus membutuhkan persiapan, kecerdikan, kejelian, dan tentunya keberuntungan.

Anda perlu belajar banyak tips interview kerja yang praktis karena itu selalu Anda temui.

Tentunya anda tidak ingin setelah surat lamaran anda lolos dan berhasil melalui beberapa tes kerja, ternyata malah tersandung saat interview kerja.

Karena itulah perlu siasat ketika akan menghadapi interview kerja.

Berikut ada beberapa tips interview kerja yang praktis dan dapat selalu anda praktekkan dan diingat.

Berikut ini 4 tips interview kerja praktis ketika Anda akan menghadapai interview kerja:

1. Pelajari tentang perusahaan

Tentunya sebelum anda melamar apalagi dipanggil untuk interview kerja, anda sudah tahu perusahaan mana yang akan anda pilih.

Sebelum menghadapi interview kerja, ada baiknya anda mencari tahu latar belakang perusahaan tersebut.

Bagaimana sejarah berdirinya, bergerak di bidang apa, memiliki sistem kerja seperti apa, keunikannya seperti apa, prestasi apa saja yang sudah didapat perusahaan tersebut dan lain sebagainya. Tidak perlu mendetail, cukup garis besarnya saja.

Dengan anda memiliki pengetahuan tentang perusahaan incaran, anda dapat meyakinkan pewawancara saat interview kerja kalau anda sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, pelajari pula tentang posisi saat anda bekerja nanti. Bagaimana sistem kerja dan waktunya, atau trik-trik yang perlu dilakukan. Lebih bagus lagi jika anda memiliki pengalaman, bisa anda ceritakan saat interview kerja.

Pewawancara akan merasa tertarik karena anda punya banyak pengetahuan tentang pekerjaan yang akan anda jalankan nantinya.

2. Banyak-banyaklah latihan.

Sering kali terjadi saat interview kerja, para pelamar merasa gugup dan tidak siap saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan tertentu. Sehingga yang terjadi adalah pelamar merasa bingung bahkan sampai tidak tahu harus menjawab apa.

Tentunya anda tidak ingin hal itu terjadi saat interview kerja. Karena itu banyak-banyaklah latihan interview kerja.

Pelajari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja. Carilah jawaban yang pas dan sesuai dengan kondisi anda.

Patut diingat, bahwa anda harus menjawab dengan jujur, jangan berbohong apalagi munafik. Biasanya, saat interview kerja ada pertanyaan-pertanyaan yang secara standar diajukan, namun ada juga yang malah bersifat menjebak.

Bersikaplah tenang dan berfikir cepat agar anda mendapat jawaban yang tepat.

Beberapa pertanyaan saat interview kerja contohnya seperti ini: “Mengapa anda tertarik di perusahaan kami?”

Mengapa perusahaan perlu untuk mempekerjakan anda?

Apa kelebihan dan kelemahan anda?

Berapa gaji yang anda harapkan?

Dan lain sebagainya. Anda dapat searching atau bertanya pada teman-teman yang sudah pengalaman.

3. Barang-barang yang perlu dibawa.

Saat interview kerja, tentu anda harus membawa beberapa barang yang diperlukan, namun tidak berlebihan. Bawalah alat tulis secukupnya, berkas surat lamaran dan CV, bahkan buku bacaan yang bisa anda baca saat menunggu agar tidak gugup.

Membawa cadangan pas foto juga penting jika anda sewaktu-waktu diminta saat interview. KTP, SIM, dompet dan handphone jangan sampai ada yang tertinggal.

Bawa pula sisir, bedak, dan wewangian. Anda bisa menggunakannya untuk merapikan penampilan anda di kamar mandi sebelum interview kerja.

Sampai sejauh ini, mudah bukan untuk mengingat tips interview kerja diatas?
Pokoknya kalau Anda sudah pernah diwawancarai pasti lebih mudah mengingat tips interview kerja yang sudah kami tulis ini

4. Penampilan yang baik.

Dalam tips interview kerja praktis yang keempat ini, kami mengingatkan supaya Anda selalu berpakaian yang rapi, bersih, dan wangi saat akan interview kerja.

Jangan mengenakan pakaian yang ketat apalagi menerawang. Anda dapat menggunakan asesoris, namun jangan berlebihan.

Tips praktis saat interview kerja ini keliatannya sederhana tapi memiliki point tersendiri dimata pemawawancara. Jadi selalu ingat tips interview kerja yang keempat ini ya

Misalnya saja : menggunakan jam tangan sebagai asesoris sudah cukup. Atau bagi wanita mungkin ingin menggunakan gelang dan anting sederhana untuk mempermanis.

Untuk pria, saat akan interview kerja pakailah kemeja bersih, celana bahan, dan sepatu. Kalau perlu, anda dapat memakai dasi agar lebih rapi saat interview kerja.

Sedangkan untuk wanita, anda bisa menggunakan blus dan celana bahan atau rok.

Demikian beberapa tips interview kerja yang praktis untuk Anda ingat, semoga berhasil dalam interview kerja anda.

Leave a Reply

Arsip Artikel

Sukses Wawancara Kerja


Copyright © 2012-2014
Artikel Yang Banyak Dibaca Hari Iniclose