Home » Persiapan Wawancara » Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

>Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Menghadapi Wawancara KerjaSetiap tahun perguruan tinggi yang terdapat di negeri ini mengeluarkan lulusan dari berbagai macam disiplin ilmu. Jumlahnya cukup banyak dibanding lowongan pekerjaan yang tersedia.

Hal ini makin menyulitkan para lulusan yang baru saja menyelesaikan bangku pendidikan. Pendidikan yang tinggi tidak serta merta akan memudahkan mereka dalam mendapatkan pekerjaan.

Apalagi di saat krisis global yang sedang berlangsung di berbagai negara. Hal ini makin mempersulit bagi para pencari kerja.

Belum lagi harus bersaing dengan tenaga kerja yang telah berpengalaman dibidangnya. Makin lengkaplah masalah yang dihadapi oleh para pencari kerja.

Menghadapi wawancara kerja seharusnya bukan membuat kita kuatir akan keadaan yang terjadi, tetaplah bersemangat.

Hal yang menarik terkait lowongan pekerjaan untuk pencari kerja adalah perusahaan bukan hanya mencari karyawan yang berpengalaman saja.

Tetapi dibutuhkan karyawan yang loyal terhadap perusahaan dan mempunyai kinerja yang baik.

Langkah Jitu Untuk Menghadapi Wawancara Kerja

Langkah yang harus dipersiapkan dalam mencari pekerjaan dan menghadapi wawancara kerja adalah mempersiapkan diri dan kemampuan yang telah kita terima di bangku sekolah sebaik mungkin.

Lebih baik lagi bila disertai ketrampilan dan keahlian yang lain seperti penguasaan bahasa asing, keahlian dalam bidang teknologi informasi atau kemampuan yang lain.

Bukan hanya sekedar keahlian yang kita dapatkan melalui jenjang formal yang dibutuhkan oleh perusahaan saja. Ketrampilan dibidang informal juga dapat menjadi bahan pertimbangan diterimanya kita sebagai karyawan.

Karena hal tersebut dapat menjadi nilai lebih yang akan menjadi bahan pertimbangan. Lagipula tidak setiap orang mempunyai ketrampilan seperti yang kita kuasai.

Langkah pertama yang dilakukan dalam mencari pekerjaan adalah mengirimkan surat lamaran yang dilengkapi dengan foto copy ijasah dan surat keterangan/tanda bukti  ketrampilan yang kita punya.

Bila kemudian kita dipanggil untuk menghadapi wawancara kerja. Berarti telah satu langkah kita lewati.Persiapkan diri sebaik mungkin baik fisik dan mental.

Pergunakanlah waktu yang disediakan oleh pihak pewawancara untuk menjawab dengan baik saat menghadapi wawancara kerja.

Dalam menghadapi wawancara kerja sebaiknya memperhatikan beberapa tips sebagai berikut:

- Pastikan anda sudah tahu lokasi wawancara.

- Memakai pakaian yang rapi dan bersifat formal, juga bersih.

- Jangan lupa untuk membawa surat-surat atau dokumen-dokumen serta alat tulis saat menghadapi wawancara kerja.

- Mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja dan menjawab berbagai pertanyaan. Sebaiknya kita berlatih terlebih dahulu untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan.

Sehingga saat menghadapi wawancara kerja kita telah siap untuk menjawab dengan memuaskan.

- Berdoalah terlebih dulu agar lebih tenang.

- Datang lebih awal dan jangan terlambat.  Jika harus mengisi formulir, isilah dengan lengkap dan rapi.

- Ucapkan salam saat bertemu dengan pewawancara.  Dan duduk setelah dipersilakan oleh pewawancara dengan posisi tegak.

Menghadapi wawancara kerja persiapkan surat-surat seperti portofolio CV yang dibutuhkan termasuk surat panggilan wawancara.

- Perhatikan segala hal yang dikatakan pewawancara. Dalam menjawab setiap pertanyaan selalu menggunakan bahasa yang sopan, formal dan intonasi yang jelas.

Menceritakan mengenai diri dengan kelebihan atau keahlian yang kita dapat. Bukanlah sesuatu yang salah tetapi jangan terkesan sombong. atau takabur.

- Berbicaralah dengan sopan dan ramah. Dan katakan apa yang dapat kita perbuat untuk perusahaan tersebut dengan keahlian yang kita miliki.

Bila pewawancara menanyakan suatu pertanyaan jawablah dengan taktis, efektif dan cerdas. Jelaskan dengan nada optimis dan rinci setiap pertanyaan sehingga pewawancara dapat menilai bagaimana kemampuan kita.

- Berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan yang menjebak. Sebelum mengakhiri wawancara tanyakan apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Dan ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Jadi menghadapi wawancara kerja harus mempersiapkan diri dengan baik.

Penuh rasa percaya diri dan menunjukkan bahwa kita menjadi diri sendiri adalah yang terpenting. Jadi menghadapi wawancara kerja merupakan bagian dari proses mendapatkan pekerjaan.

Bersikaplah sebaik mungkin dalam menghadapi wawancara kerja. Dan semoga sukses menghadapi wawancara kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© www.tipswawancarakerja.com