Trik Sukses Wawancara Kerja

Trik Sukses Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

Trik Sukses Wawancara KerjaMendapatkan pekerjaan impian merupakan dambaan semua orang. Gaji tinggi, fasilitas menggiurkan, dan masa depan menjanjikan adalah sesuatu yang diimpi-impikan semua orang.

Betapa tidak, hidup terjamin dan makmur serta bahagia lahir batin adalah sesuatu yang diidam-idamkan.

Untuk itu pelamar harus memiliki kecerdasan dan kecerdikan dan mengetahui trik sukses wawancara kerja dalam melamar pekerjaan.

Setelah melewati beberapa tahapan tes untuk memasuki sebuah perusahaan, pelamar akan dihadapkan pada sesuatu yang bagi sebagian besar pelamar adalah sesuatu yang menakutkan yaitu wawancara.

Pelamar akan berhadapan langsung dengan user. Di sinilah nyali para pelamar akan diuji. Kadang pelamar yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi tidak bisa melewati tahap ini karena gugup.

Kadang pelamar juga gagal hanya karena masalah sepele, untuk itu pelamar harus menguasai trik sukses wawancara kerja.

Berikut beberapa trik sukses wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan impian:

Trik sukses wawancara kerja yang pertama adalah tahap persiapan. Trik sukses wawancara kerja yang pertama ini dilakukan sebelum pelamar datang ke tempat wawancara.

Dalam tahap persiapan ini pelamar menyiapkan segala sesuatunya dengan rapi dan sebaik mungkin. Mulai dari yang kecil hingga besar. Pelamar hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:

1.    Berpenampilan yang rapi dan tidak berdandan berlebihan (buat pelamar wanita),     pelamar sebaiknya memakai jas atau kemeja untuk menunjukkan kesan rapi tersebut.

2.    Baju yang dipakai oleh pelamar haruslah rapi, wangi, dan tidak kumal.

3.    Menggunakan sepatu hitam yang bersih dan rapi

4.    Datang ke tempat wawancara tepat waktu atau kalau bisa sebelumnya

5.    Tentu saja berdoa agar tidak grogi

Trik sukses wawancara kerja yang kedua adalah tahap di mana pelamar sudah menghadapi ruang “eksekusi”.

Untuk menghindari gugup atau grogi ada baiknya pelamar menggunakan trik sukses wawancara kerja ini, yaitu tersenyum sewajarnya kepada yang mewawancarai.

Trik sukses wawancara kerja berikutnya adalah pelamar harus duduk tegak dan tidak membungkuk. Pelamar juga jangan sampai menundukkan kepala karena ini menunjukkan bahwa pelamar sedang grogi.

Pandangan pelamar adalah lurus ke depan menatap wajah sang penanya dengan penuh keyakinan. Hal ini akan membuat penanya merasa yakin bahwa pelamar memiliki tingkat keberanian yang tinggi.

Pada saat diwawancarai, trik sukses wawancara kerja yang dilakukan pelamar adalah dengan menjawab semua pertanyaan penanya apa adanya dan jujur.

Pelamar bisa menceritakan sedikit tentang dirinya bila memang itu diperlukan, tentu saja hal itu dilakukan dengan singkat dan tidak bertele-tele.

Bila pada saat wawancara pelamar tidak bisa menjawab karena mungkin lupa atau terlalu gugup, maka trik sukses wawancara kerja berikutnya yang digunakan adalah diam sejenak serta menghembuskan nafas dengan teratur.

Hal ini akan membuat peredaran darah menuju otak lancar dan akan membantu pelamar dalam berpikir.

Namun diamnya pelamar janganlah dalam jangka waktu yang lama, karena semakin lama pelamar diam untuk memikirkan jawaban suasana yang akan muncul malah akan semakin tegang, dan akibatnya pelamar akan bertambah gugup dan tidak bisa menjawab pertanyaan penanya.

Trik sukses wawancara kerja berikutnya yang tidak kalah penting yaitu selama wawancara, pelamar tidak disarankan bahkan dilarang untuk menyela pembicaraan penanya.

Pelamar harus menunggu hingga penanya selesai dengan kalimatnya. Pelamar harus berusaha untuk memperhatikan apa yang sedang dibicarakan oleh penanya karena ini untuk menghindari ketidakjelasan.

Sangat tidak dianjurkan bagi pelamar pada saat wawancara kerja untuk berkata, “Maaf Pak, apakah pertanyaan Bapak bisa diulang?”

Hal ini akan menunjukkan bahwa pelamar tidak konsentrasi dan juga terkesan kalau pelamar meremehkan pembicara yang sedang berbicara di depannya tersebut.

Bila hal ini sampai dilakukan tamatlah riwayat pelamar tersebut.

Trik sukses wawancara kerja lainnya dalam upaya untuk mendapatkan pekerjaan impian adalah, hendaknya pelamar tidak menunjukkan bahwa dia sedang gugup.

Pelamar bisa melakukan hal beberapa ini: makan permen sesaat sebelum wawancara berlangsung, minum air putih untuk menenangkan diri, dan berdoa.

BACA JUGA :