Wawancara Kerja

Rahasia Sukses Mempersiapkan Wawancara Kerja

Wawancara KerjaWawancara kerja merupakan sebuah fase yang paling ditakuti oleh kebanyakan calon tenaga kerja. Ketika mereka melamar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan; mungkin mereka akan merasa yakin akan diterima sebagai salah satu pegawai di perusahaan tersebut.

Namun, ketika saat wawancara kerja tiba, kebanyakan calon tenaga kerja memiliki rasa ketakutan yang berlebih; terutama apabila itu merupakan pengalaman pertama bagi mereka.

Maka dari itu, perlu persiapan yang maksimal sebelum anda mengikuti wawancara tersebut.

Sebelum menghadapi wawancara kerja, anda perlu mengetahui beberapa hal tentang apa yang akan anda hadapi pada saat wawancara kerja tersebut berlangsung.

Terlebih lagi apabila anda belum pernah mempunyai pengalaman dalam hal ini. Mengetahui gambaran sebuah wawancara kerja serta apa saja yang sebaiknya anda lakukan dan tidak lakukan merupakan hal yang paling penting.

Meskipun anda mempunyai kemampuan akademis yang sangat sempurna, anda bisa saja gagal untuk mendapat sebuah pekerjaan hanya karena anda salah langkah dalam sebuah wawancara kerja.

Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui dan Ingat Dalam Mempersiapkan Wawancara Kerja

1. Wawancara kerja adalah waktu dimana calon tenaga kerja akan dinilai seutuhnya.

Datang tepat waktu adalah sebuah keharusan. Pewawancara akan menilai anda sebagai orang tidak dapat menghargai waktu apabila anda dating terlambat.

Jadi perhitungkan jauhnya tempat tinggal anda dan datanglah lebih awal. Karena lebih baik anda yang menunggu sebelum wawancara kerja tersebut daripada pewawancara yang menunggu anda.

2. Pastikan anda datang dengan keadaan rapi dan sederhana dalam wawancara kerja.

Anda tidak perlu mengenakan aksesoris berlebihan, pakaian dengan warna menyolok, apalagi mengenakan parfum yang baunya begitu menyengat.

Semua itu akan membuat pewawancara anda merasa tidak nyaman. Anda tidak perlu menjadi orang lain; berlakulah seperti anda biasanya karena anda akan merasa lebih nyaman dengan seperti itu.

3. Dalam wawancara kerja; biasanya pewawancara akan meminta anda untuk mendeskripsikan diri anda sendiri.

Dalam hal ini, anda juga harus menjadi diri anda sendiri; tidak perlu merendah ataupun terlalu menonjolkan diri anda.

4. Bicaralah senatural mungkin dan tunjukkan kualitas anda tanpa berlebihan.

Tataplah pewawancara dengan wajar; seperti halnya anda berbicara pada seorang teman yang baru anda kenal (tatapan yang tidak terlalu dalam; namun menunjukkan kepercayaan diri anda).

Selama wawancara kerja berlangsung, anda harus fokus pada perbincangan anda pada si pewawancara.

Pahami dengan baik semua perkataan si pewawancara dan usahakan jangan sampai beliau mengulangi pertanyaan yang beliau utarakan kepada anda.

Kecerdasan dan kemampuan anda untuk selalu fokus akan dinilai sepenuhnya dalam wawancara kerja ini.

Apabila si pewawancara menanyakan pendapat anda tentang sesuatu atau sejauh mana anda tahu tentang perusahaan tersebut; kunci utama dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja semacam itu adalah dengan menjawab seperlunya dan sebatas pengetahuan anda.

Karena semakin panjang anda menjelaskan dan hal itu belum tentu kebenarannya; anda akan semakin terlihat bodoh dan seperti seorang pembual.

Biasanya di tempat wawancara kerja berlangsung, antara pewawancara dan calon tenaga kerja dibatasi oleh sebuah meja.

Duduklah dengan tenang dan badan tegap namun tidak bersender pada kursi. Meski letak meja dekat didepan anda, jangan pernah meletakkan tangan anda di atas meja atau bahkan melipatnya.

Dalam wawancara kerja, hal semacam itu dianggap tidak sopan dan pewawancara akan merasa tidak nyaman dengan itu.

Apabila pewawancara menanyakan kesanggupan anda pada sebuah regulasi di dalam perusahaan tersebut; misalnya tentang jam lembur atau bekerja dibawah tekanan, sampaikan kesanggupan anda tanpa ragu-ragu.

Meski terlihat berat, pertanyaan tentang regulasi tersebut biasanya hanya untuk melihat sejauh mana profesionalitas anda.

Demikian tadi beberapa hal yang harus anda ketahui untuk mempersiapkan wawancara kerja. Ingatlah dengan baik dan lakukan sebaik mungkin ketika anda menghadapi wawancara tersebut.

Tunjukkan profesionalitas anda dengan percaya diri tanpa menyombongkan diri dan semoga berhasil.

BACA JUGA :