Wawancara Kerja Pelamar

Bagaimana Sukses Lolos Wawancara Kerja

tips Lolos Wawancara Kerja

Bagi pelamar kerja yang masih baru, test interview tampak seperti test yang sangat sulit untuk dilalui. Bahkan banyak pelamar kerja yang gagal pada tahap ini.

Bagi beberapa orang test ini mungkin memang cukup sulit. Namun pada dasarnya tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dilalui termasuk test interview kerja.

Pada dasarnya test interview bertujuan untuk mencari tahu seberapa jauh kemampuan anda dalam berkomunikasi dan untuk mengetahui kemampuan anda dalam berpikir secara cepat.

Namun jika perbincangan yang dilakukan bisa lebih luwes, maka ini akan jauh lebih baik.

Bahkan banyak peserta test yang lulus karena perbincangan yang dilakukan dirasa cukup menyenangkan bagi pihak penguji.

Untuk memberi anda gambaran mengenai pertanyaan yang umum diajukan, disini anda akan disampaikan mengenai contoh wawancara kerja.

Sebenarnya dalam wawancara kerja terdapat banyak sekali point utama yang ditanyakan oleh penguji. Secara garis besar, pont-point tersebut diantaranya adalah pertanyaan motivasi, ketahanan terhadap stress, inisiatif, sikap kerja, kepercayaan diri, kemampuan analitis dan masih banyak lagi.

Namun pada prakteknya biasanya tidak semua pertanyaan tersebut ditanyakan secara gamblang. Paling tidak hanya beberapa point yang diperlukan sesuai dengan pisisi yang akan dilamar.

Beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan diantaranya adalah mengenai alasan anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Anda juga akan ditanyakan mengenai alasan anda mendaftar dan tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Terkadang anda juga akan ditanyakan mengenai sikap yang akan anda tunjukkan jika anda menerima kritik dari rekan kerja atau pimpinan anda. Namun terkadang ada juga pertanyaan yang sifatnya dadakan.

Jadi anda harus berpikir cepat, analitis dan kreatif. Untuk itu anda perlu berpikir secara cepat dalam test ini. Namun satu hal yang paling penting adalah tetap rileks. Jangan terlalu tegang karena hal ini hanya akan mengacaukan pikiran anda.

BACA JUGA :